Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Doa Pagi Hari dan Keutamaannya yang Perlu Diingat

Membaca doa pagi hari menjadi bentuk rasa syukur dan rendah hati. Dalam Islam, doa di pagi hari juga memiliki keutamaan. Berikut ulasan lengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  16:24 WIB
Doa Pagi Hari dan Keutamaannya yang Perlu Diingat
Doa Pagi Hari dan Keutamaannya yang Perlu Diingat (freepik)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pagi hari adalah waktu terbaik untuk memulai aktivitas yang lebih baik. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk membaca doa pagi hari agar aktivitas di hari itu lancar.

Selain memohon kemudahan atas segala hal yang hendak dikerjakan pada hari itu, melantunkan doa pagi hari pembuka rezeki juga menjadi wujud rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan Allah SWT. 

Bahkan, Nabi Muhammad SAW yang menjadi panutan umat Islam juga selalu melantunkan doa di pagi hari. Lantas, apa doa yang dianjurkan untuk dilantunkan saat pagi? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Doa Pagi Hari Islami

Dalam Islam, berdoa merupakan bentuk ibadah. Dengan berdoa, berarti kita tengah mengamalkan sifat tawakal atau berserah diri kepada Allah SWT.

Sebenarnya doa bisa dilantunkan kapan saja. Salah satu waktu yang tepat untuk berdoa yaitu di pagi hari. Mengutip dari jatim.nu.or.id, berikut ini doa pagi hari sebagai bentuk syukur.

للَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ 

Allāhumma bika ashbahnā, wa bika amsainā, wa bika nahyā, wa bika namūtu, wa ilaikan nusyūru. 

Artinya: Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali. (HR Abu Dawud, At-Turmudzi, Ibnu Majah, dan lainnya). 

Selain doa di atas, ada juga jenis doa di pagi hari lainnya. Berikut bacaan doa tersebut.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ الملْكُ للهِ، وَالحَمْدُ للهِ، لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الملْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ، رَبِّ أَسْأَلُكَ خَيْرَ مَا فِي هَذِهِ اللَّيْلَةِ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا فِي هَذِهِ اللَيْلَةِ وَشَرِّ مَا بَعْدَهَا، رَبِّ أَعُوذُ بِكَ مِنَ الكَسْلِ وَسُوْءِ الكِبَرِ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابٍ فِي النَّارِ وَعَذَابٍ فِي القَبْرِ 

Ashbahnā wa ashbahal mulku lillāhi wal hamdu lillāhi, lā ilāha illallāhu wahdahū lā syarīka lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alā kulli syai‘in qadīr. Rabbi, as’aluka khaira mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā, wa a‘ūdzu bika min syarri mā fī hādzihil lailata wa khaira mā ba‘dahā. Rabbi, a‘ūdzu bika minal kasli wa sū’il kibari. A‘ūdzu bika min ‘adzābin fin nāri wa ‘adzābin dil qabri. 

Artinya: Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada tuhan selain Allah yang maha esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohon perlindungan-Mu dari kemalasan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.

Keutamaan Doa Pagi Hari

Membaca doa pagi hari ternyata memiliki banyak keutamaan. Adapun keutamaan membaca doa di pagi hari, seperti berikut.

1. Memperoleh ampunan

Menurut penjelasan di Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 42 dan 43 diterangkan bahwa seseorang yang bertasbih dan berdzikir kepada Allah di pagi dan sore hari, maka akan memperoleh rahmat. Tak hanya itu, Allah juga menjanjikan ampunan atas segala dosa yang pernah dilakukannya.

2. Mendapatkan kasih sayang Allah

Keutamaan lainnya dari membaca doa pagi hari yaitu mendapatkan kasih sayang Allah. Seseorang yang berdoa dan mengingat Allah sebelum beraktivitas, berarti telah mengutamakan Allah di atas urusannya yang lain. 

Maka dari itu, Allah juga akan memberikan keutamaan kepada orang tersebut. Salah satu bentuk keutamaannya yaitu rasa kasih sayang dari Allah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa islam Pagi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top