Inilah 3 Doa Nabi Sulaiman dan Cara Mengamalkannya (pexels)
Relationship

Inilah 3 Doa Nabi Sulaiman dan Cara Mengamalkannya

Nuraini
Rabu, 17 Agustus 2022 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam Islam, bacaan doa sangat banyak. Bahkan, segala aktivitas manusia ada doanya. Salah satu doa yang bisa dibaca setiap hari yaitu doa Nabi Sulaiman.

Nabi Sulaiman adalah keturunan Nabi Daud yang memiliki kemampuan atau mukjizat bisa berbicara dengan hewan. Selain itu, Nabi Sulaiman juga terkenal sebagai nabi yang paling kaya.

Akan tetapi, kekayaan yang dimiliki tidak membuat Nabi Sulaiman menjadi sombong dan serakah. Justru, kekayaan tersebut membuat Nabi Sulaiman senantiasa bersyukur dan bertakwa kepada Allah SWT.

Lantas, apa doa yang sering dilantunkan Nabi Sulaiman? Berikut kumpulan doa yang pernah dibacakan Nabi Sulaiman dan cara mengamalkannya.

Kumpulan Doa Nabi Sulaiman

Sebagai utusan Allah, Nabi Sulaiman senantiasa melakukan ibadah kepada Allah. Tak hanya menjalankan ibadah wajib, Nabi Sulaiman juga senantiasa berdoa kepada Allah SWT. Berikut ini beberapa doa Nabi Sulaiman yang penting untuk diamalkan.

1. Doa Nabi Sulaiman Bersyukur

Nabi Sulaiman dikaruniai banyak mukjizat dari Allah SWT. Salah satu mukjizat yang dimiliki yaitu kekayaan yang luar biasa. Hal tersebut membuat Nabi Sulaiman senantiasa bersyukur atas nikmat yang diterimanya.

Rasa syukur yang diutarakan Nabi Sulaiman tercatat dalam Al-Quran surat An-Naml ayat 15, berikut ini.

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Wa laqad ātainā dāwụda wa sulaimāna ‘ilmā, wa qālal-ḥamdu lillāhillażī faḍḍalanā ‘alā kaṡīrim min ‘ibādihil-mu`minīn.

Artinya: “Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: ‘Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman.”

2. Doa Nabi Sulaiman untuk Kekayaan

Sebagai manusia yang memiliki banyak keterbatasan, kita harus senantiasa berdoa dan mengutarakan keinginan kepada Allah. Dalam berdoa kita diperbolehkan meminta apapun asalkan bersifat kebaikan. Termasuk meminta untuk diberikan rezeki yang melimpah dan berkah.

Berdoa untuk meminta rezeki juga pernah dilantunkan Nabi Sulaiman. Putra Nabi Daud ini pernah meminta kerajaan megah di Palestina. Permintaan tersebut dilantunkan Nabi Sulaiman dalam sebuah doa.

Adapun doa Nabi Sulaiman untuk kekayaan tercantum dalam Q.S. Shaad ayat 35, berikut ini.

قَالَ رَبِّ اغْفِرْ لِيْ وَهَبْ لِيْ مُلْكًا لَّا يَنْۢبَغِيْ لِاَحَدٍ مِّنْۢ بَعْدِيْۚ اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ

Qaala rabbi ighfir lii wahab lii mulkan laa yanbaghii li-ahadin min ba’dii innaka anta alwahhaabu.

Artinya: “Ya Rabku, ampuni segala dosaku dan beri kepadaku kerajaan yang tidak akan bisa dimiliki oleh seorang pun setelahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.”

3. Doa Nabi Sulaiman untuk Menjinakkan Hewan

Selain diberikan kekayaan yang luar biasa, Nabi Sulaiman juga memiliki mukjizat bisa berbicara dan menjinakkan hewan. Adapun doa Nabi Sulaiman saat agar diberi kemampuan untuk menjinakkan hewan, seperti berikut.

بِسْمِ اللهِ الرَّ حْمَنِ الرَّ حِيْمِ , اَلَّا تَعْلُوا عَلَىَّ وَاْتُونِى مُسْلِمِيْنَ

Bismillah hirrahmani rahiim, allaa ta’luu alayya wa’tuunii muslimin.

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Bahwa janganlah kamu berlaku sombong kepadaku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.”

Cara Mengamalkan Doa Nabi Sulaiman

Selain membaca doa Nabi Sulaiman yang sudah diterangkan sebelumnya, ada juga beberapa ibadah pendamping yang bisa menjadi dikerjakan. Berikut beberapa ibadah yang menjadi bagian dari cara mengamalkan doa Nabi Sulaiman dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Menunaikan sholat hajat di malam hari sebanyak dua rakaat.
  2. Membaca doa Nabi Sulaiman sebanyak 33 kali.
  3. Membaca tasbih sebanyak 100 kali.
  4. Membaca surat Al-Fatihah 3 kali.
  5. Membaca surat Al-Ikhlas, An-Nas, dan Al-Falaq masing-masing 1 kali.
  6. Melaksanakan sholat wajib dan membaca doa Nabi Sulaiman 3 kali.
  7. Mengamalkan ibadah tersebut secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro