Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Surat Al Mujadalah Ayat 11, Terjemahan, dan Kandungannya

Surat Al Mujadalah ayat 11 menerangkan seputar keutamaan mencari ilmu. Simak penjelasan berikut untuk dapatkan informasi selengkapnya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 22 Agustus 2022  |  15:20 WIB
Surat Al Mujadalah Ayat 11, Terjemahan, dan Kandungannya
Surat Al Mujadalah Ayat 11, Terjemahan, dan Kandungannya (pixabay)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmu merupakan suatu pengetahuan yang sangat penting bagi manusia. Dalam Islam, penjelasan tentang ilmu sudah tertulis di Al-Quran seperti Surat Al Mujadalah ayat 11.

Tak dapat dipungkiri bahwa manusia harus hidup berdampingan dengan ilmu. Pasalnya, di segala lini kehidupan memerlukan ilmu. Dengan ilmu, maka kita bisa mengambil keputusan dengan bijaksana.  

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang surat Al Mujadalah ayat 11 yang menerangkan seputar ilmu. Berikut ulasan selengkapnya.

Surat Al-Mujadalah Ayat 11 beserta Artinya

Ilmu merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam kehidupan. Ilmu identik dengan kesuksesan. Walaupun sebenarnya, ilmu sangat luas maknanya.

Orang yang berilmu dianggap akan lebih bijak dan berhati-hati dalam menyikapi segala persoalan yang ada. Dalam Al-Quran, ilmu tertuang dalam surat Al-Mujadalah ayat 11. Berikut bacaan surat Al-Mujadalah ayat 11 beserta artinya.

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

"Yā ayyuhallażīna āmanū iżā qīla lakum tafassaḥụ fil-majālisi fafsaḥụ yafsaḥillāhu lakum, wa iżā qīlansyuzụ fansyuzụ yarfa'illāhullażīna āmanụ mingkum wallażīna ụtul-'ilma darajāt, wallāhu bimā ta'malụna khabīr.”

Artinya: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

Dalam islam, kedudukan ilmu menurut pendapat ulama yang berdasarkan dengan Al Quran dan hadist punya sifat yang wajib. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW bersabda :

طَلَبُ اْلعِلْمْ فَرِثْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: "Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap individu muslim."

Dari penjelasan dalil di atas kita bisa mengetahui bahwa, seseorang yang berilmu akan mendapatkan pahala yang sama dengan pahala jihad fisabilillah. Jalan bagi seorang yang menuntut ilmu akan dimudahkan menuju ke surga, menuntut ilmu juga lebih mulia dari ibadah.

Kandungan Surat Al Mujadalah Ayat 11

Dalam surat Al Mujadalah ayat 11 terdapat kandungan atau makna yang perlu dipahami. Berikut ini beberapa kandungan dari Al Mujadalah ayat 11 yang perlu diketahui.

Dalam surat Al-mujadalah ayat 11 ini dijelaskan adab terkait menghadiri majelis baik itu majelis ilmu dan majelis dzikir. Hendaknya setiap orang dalam majelis berlapang-lapang.

Hendaknya seorang muslim perlu mempersilahkan orang lain untuk turut duduk dalam sebuah majelis. Jangan sampai mengambil tempat duduk jika tidak perlu.

Allah SWT akan meninggikan derajat untuk orang-orang yang beriman serta berilmu baik untuk dunia maupun untuk di akhirat.
Ayat Al Mujadalah ke 11 ini juga memotivasi untuk orang-orang yang beriman menuntut ilmu dan bisa menjadi orang yang berilmu.
Allah mengetahui segala hal yang dikerjakan dan motivasi yang terdapat di balik semua perbuatan tersebut.

Surat Al Mujadalah ayat 11 ini erat kaitannya dengan pendidikan baik itu sekolah, masyarakat, keluarga ataupun masjid yang bisa dijadikan sebagai pusat pendidikan. Tempat tersebut mempunyai peluang dan kontribusi baik dalam urusan individu maupun perkembangan orang lain. 

Allah memberi balasan atas setiap perbuatan dari seseorang berdasarkan dengan motivasi perbuatan dan hakikatnya.
Itulah penjelasan seputar surat Al mujadalah ayat 11 beserta artinya yang bisa dipahami. Dengan mengerti kandungan surat tersebut, harapannya kita bisa semakin giat dalam mencari ilmu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

doa kumpulan doa al quran Surat Al Mujadalah
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top