Wanita berumur panjang/express.co.uk
Health

Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Membuat Umur Panjang

Anshary Madya Sukma
Selasa, 23 Agustus 2022 - 15:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Bagi sebagian besar makhluk hidup pasti sangat menginginkan untuk memiliki umur panjang, jika Anda termasuk kelompok yang ingin panjang umur maka simak berikut ini kebiasaan yang akan membuat Anda berumur panjang.

Dilansir Healthline.co, pada Selasa (23/8/2022), banyak orang berpikir bahwa umur panjang sangat ditentukan oleh genetika. Namun, faktanya gen hanya memainkan peran yang jauh lebih sedikit dan faktor kebiasaan seperti pola makan serta gaya hiduplah yang menjadi kunci berumur panjang.

Simak kebiasaan-kebiasaan berikut ini yang bisa membuat Anda berumur panjang, di antaranya:

1. Hindari Makan Berlebihan

Asupan makanan ternyata memiliki cukup andil dalam kebiasaan yang bisa membuat Anda berumur panjang, pada penelitian hewan menunjukkan bahwa pengurangan 10-50 persen dalam asupan kalori normal dapat meningkatkan umur maksimum.

Lalu, dalam studi populasi manusia dengan umur panjang yang terkenal mengamati hubungan antara asupan kalori rendah, umur panjang, dan kemungkinan penyakit yang lebih rendah.

Terlebih lagi, pembatasan kalori dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan dan lemak perut, yang kedua faktor ini sangat terkait dengan rentang hidup yang lebih pendek.

2. Makan Lebih Banyak Kacang

Memakan lebih banyak kacang-kacangan bisa menjadi faktor berumur panjang, karena mereka kaya akan protein, serat, antioksidan, dan senyawa tanaman yang bermanfaat. Kacang-kacangan juga merupakan sumber yang bagus dari beberapa vitamin dan mineral, seperti tembaga, magnesium , kalium, folat, niasin, dan vitamin B6 dan E.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kacang memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi, peradangan, diabetes, sindrom metabolik, kadar lemak perut, dan bahkan beberapa bentuk kanker.

Satu studi menemukan bahwa orang yang mengonsumsi setidaknya 3 porsi kacang per minggu memiliki risiko kematian dini 39% lebih rendah dari pada yang jarang mengonsumsi kacang.

3. Cobalah Konsumsi Olahan Kunyit

Kunyit merupakan pilihan konsumsi ketika seseorang menolak penuaan, hal itu didasari karena kunyit ini mengandung senyawa bioaktif ampuh yang disebut kurkumin.

Lalu, kurkumin pada kunyit juga memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasinya, dianggap dapat membantu menjaga fungsi otak, jantung, dan paru-paru, serta melindungi terhadap kanker dan penyakit terkait usia.

4. Tetap Aktif Secara Fisik

Sedikitnya 15 menit olahraga per hari dapat membantu Anda mencapai tujuan untuk hidup lebih panjang, menurut penelitian bahwa risiko kematian dini dapat menurun sebesar 4 persen untuk setiap tambahan 15 menit aktivitas fisik harian.

Sebuah tinjauan baru-baru ini mengamati risiko kematian dini 22% lebih rendah pada individu yang berolahraga, meskipun mereka berolahraga kurang dari yang direkomendasikan pada angka 150 menit per minggu yang memiliki kemungkinan 28% lebih kecil untuk meninggal lebih awal. 

5. Jangan Merokok dan Kurangi Alkohol

Orang yang merokok dapat kehilangan hingga 10 tahun kehidupan dan 3 kali lebih mungkin meninggal lebih awal dibandingkan mereka yang tidak pernah merokok.

Satu studi melaporkan bahwa seseorang yang berhenti merokok pada usia 35 dapat memperpanjang hidup mereka hingga 8,5 tahun. Selain itu, berhenti merokok di usia 60-an juga setidaknya dapat menambah kemungkinan hidup hingga 3,7 tahun

Lalu, konsumsi alkohol berat selalu dikaitkan dengan penyakit hati, jantung, dan pankreas, serta peningkatan risiko kematian dini. 

Hasil dari penelitian selama 29 tahun menunjukkan bahwa pria yang lebih suka anggur 34 persen lebih kecil kemungkinannya untuk meninggal lebih awal daripada mereka yang lebih suka bir atau minuman beralkohol.

Selain itu, minuman anggur beralkohol menjadi sangat berpengaruh dalam peningkatan penyakit seperti, penyakit jantung, diabetes, gangguan neurologis, dan sindrom metabolik.

Oleh karena itu, untuk menjaga konsumsi tetap stabil, maka disarankan agar wanita menargetkan 1-2 unit atau kurang per hari dan maksimal 7 per minggu. Sedangkan, pria harus menjaga asupan harian mereka kurang dari 3 unit, dengan maksimal 14 per minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro