Bunga Telang
Health

Sederet Khasiat Bunga Telang si Bunga Ungu untuk Kesehatan, Bisa untuk Diet

Widya Islamiati
Senin, 5 September 2022 - 21:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Cantiknya, bunga telang, yakni bunga ungu berwarna-warni yang kerap ditemui di pinggir jalan raya.

Selain cantik dan berwarna menarik, bunga telang juga ternyata memiliki sejumlah manfaat untuk Kesehatan.

Bunga yang dapat ditemui di kawasan Asia termasuk Indonesia ini punya nama ilmiah clitoria ternatea. Warnanya yang ungu mencolok ini menjadi sebab bunga telang memiliki kadar antioksidan yang berguna untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat bunga telang bagi kesehatan menurut healthline.

1. Membantu melawan kanker

Senyawa kaempferol adalah senyawa yang teliti punyai sifat melawan kanker. Hal itu kemudian dibuktikan dengan penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan kaempferol dalam bunga ini dapat membunuh sel kanker.

Selain itu, bunga telang juga mengandung delphinidin dan 5-glukosida yang berfungsi sebagai antioksidan. Peran antioksidan ini dapat membantu merangsang fungsi sistem imun tubuh serta bisa menyebabkan matinya sel kanker kolorektal.

2. Bantu lindungi tubuh dari penyakit

Bunga telang memiliki kandungan asam p-coumaric. Manfaat dari asam p-coumaric dalam beberapa penelitian disebutkan memiliki efek anti-inflamasi, antimikroba, antivirus, juga bisa melindungi tubuh dari penyakit.

3. Membantu mencegah peradangan

Bunga telang mengandung senyawa antosianin. Senyawa yang disebut dengan ternatin ini juga yang menyebabkan bunga telang memiliki warna ungu kebiru-biruan yang cerah. Selain memberi efek warna cerah, fungsi lain dari ternatin juga dapat mengurangi peradangan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

4. Membantu menyehatkan kulit dan rambut

Ada beberapa produsen produk kecantikan yang memasukkan bunga ini dalam produknya, seperti sampo ataupun serum kulit. Hal ini juga didukung dengan penelitian pada tahun 2021 yang menunjukkan ekstrak bunga telang bisa menghidrasi kulit hingga 70% setelah diaplikasikan.

Selain itu, antioksidan dalam bunga telang juga berguna untuk meningkatkan Kesehatan kulit dan rambut.

5. Membantu mengatur gula darah

Sebuah penelitian yang melibatkan 15 pria menemukan bahwa meminum minuman yang mengandung ekstrak bunga telang dapat meningkatkan kadar antioksidan. Selain itu 15 pria tersebut juga mengalami pengurangan kadar gula darah dan kadar insulin.

6. Membantu program diet

Bunga telang juga dikenal dengan khasiatnya yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sebuah penelitian menemukan bahwa ekstrak bunga telang bisa memperlambat pembentukkan sel-sel lemak. Cara kerjanya dengan mengatur jalur tertentu yang berperan dalam perkembangan sel tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro