Penyakit stroke bisa dicegah sejak usia muda dengan mengonsumsi makanan mengandung lemak tak jenuh.
Health

Suami Dee Lestari Meninggal Karena Stroke Pendarahan, Ini Cara Mencegah Stroke

Anshary Madya Sukma
Rabu, 7 September 2022 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar duka datang dari penulis kenamaan Indonesia, Dewi Lestari atau Dee Lestari yang mengabarkan suaminya, Reza Gunawan telah meninggal dunia pada Selasa (6/9/2022), akibat stroke pendarahan.

Reza Gunawan yang merupakan pakar penyembuhan holistik, sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit selama satu bulan lebih lamanya, namun nahas penyakitnya tersebut tak kunjung sembuh hingga membuatnya meninggal dunia.

Adapun, Dee Lestari berikan ucapan selamat tinggal dan merelakan suaminya dengan kata-kata yang membuat warganet terenyuh dalam postingan terbaru miliknya. 

"Sabbe sankhara anicca. Segala sesuatu yang terbentuk akan selalu berubah dan tidaklah kekal. Semoga kebajikan dan karma baik Reza semasa hidup dapat mendekatkannya kepada kebebasan sempurna." tulisnya di Instagram pada Rabu (7/8/2023).

Lalu, apa itu stroke pendarahan yang diidap Reza Gunawan? 

Dilansir medicalnewstoday.com pada Rabu (7/9/2022), stroke pendarahan atau stroke hemoragik ini merupakan kondisi medis yang di mana kerusakan otak disebabkan oleh pendarahan di otak akibat pembuluh darah pecah.

Lebih jauh, pendarahan di otak dapat memberi tekanan pada sel-sel otak di sekitarnya dan dapat menyebabkan area otak kekurangan darah, sehingga membuat kerusakan jaringan otak, yang dapat menyebabkan gejala neurologis hingga mengancam jiwa.

Kerusakan akibat stroke hemoragik juga dapat terjadi akibat tekanan yang disebabkan oleh perdarahan, edema, atau kurangnya suplai darah.

Cara Mencegah Stroke Pendarahan 

Dikutip healthline.com pada Rabu (7/9/2022), stroke hemoragik ini dapat dicegah apabila dapat mengendalikan faktor risiko yang menyebabkannya, seperti menjaga tekanan darah agar tetap stabil. 

Kontrol tekanan darah ini bisa dilakukan di rumah dengan mengonsumsi makanan yang dapat menurunkan tekanan darah, seperti sayuran, buah buahan atau yoghurt dan lakukan kontrol ke dokter secara rutin. 

Kemudian, alkohol dan penggunaan narkoba juga merupakan faktor risiko yang dapat dikendalikan, pertimbangkan minum secukupnya dan hindari segala jenis penyalahgunaan narkoba. 

Selain itu, menerapkan pola hidup yang sehat juga dapat menghindari stroke hemorgik, yang meliputi :

- Berhenti atau menghindari merokok. 

- Menjaga berat badan yang sehat. 

- Berolahraga secara teratur. 

- Menerapkan pola makan yang sehat. 

- Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. 

- Mengambil tindakan untuk mengontrol penyakit jantung, diabetes, dan kondisi lainnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro