Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Bahayanya Anda Malas Merawat Gigi dan Mulut, Bisa Sebabkan Kanker Mulut

Sejumlah kebiasaan buruk yang berkaitan dengan mulut bisa membuat Anda mengalami masalah mulut hingga kanker
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 12 September 2022  |  19:20 WIB
Ini Bahayanya Anda Malas Merawat Gigi dan Mulut, Bisa Sebabkan Kanker Mulut
Ilustrasi - Imgbuddy
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merawat kesehatan gigi dan mulut merupakan kebiasaan penting yang harus dilakukan. Bahkan, anak-anak sudah harus dari sedari dini diajarkan kebiasaan ini. Hal ini dikarenakan, jika seseorang tidak peduli akan kesehatan gigi dan mulutnya, akan berakibat fatal.

Ketua Pengurus Besar Persatuan Gigi Indonesia (PDGI), drg. Usman Soemantri, menyebutkan bahwa kebiasaan menjadi penyebab utama permasalahan gigi dan mulut. 

"Status kesehatan gigi dipengaruhi oleh perilaku kalau dia perilakunya bagus, saya meyakini status kesehatan giginya akan bagus," ungkap Usman saat ditemui di acara peresmian Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2022 di kawasan Senayan, pada Senin, (12/9/2022).

Selain itu, Usman juga menyebutkan berbagai bahaya yang mengintai jika seseorang lalai dalam merawat kesehatan gigi dan mulut. Berikut daftar penyakit yang bisa timbul akibat buruknya kebersihan gigi dan mulut:

1. Bisa sebabkan kondisi serius

Kebiasaan tidak merawat gigi dan mulut dengan baik bisa sebabkan kondisi serius, yang bisa menyerang organ dalam tubuh seperti jantung. 

Ini diungkapkan oleh Usman, menurutnya masih banyak orang yang mengetahui bahwa bakteri yang terdapat pada gigi dengan gangguan bisa menyebar ke jantung juga ginjal. Hal ini juga berpengaruh juga pada prosedur saat pasien akan melakukan tindakan operasi pembedahan. 

"Makanya kalau kita melakukan pembedahan di rumah sakit, giginya selalu diperiksa dulu, ada gigi gangren atau tidak, kalau ada kan dicabut dulu," kata mantan Kepala Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI itu.

2. Bisa sebabkan rusaknya email gigi

Kurangnya kesadaran merawat gigi dan mulut juga meliputi cara menyikat gigi yang salah. Karena Usman menyebutkan, hanya sekitar 2,8% penduduk di Indonesia yang menyikat gigi dengan cara yang benar. 

Menyikat gigi dengan keras serta menggunakan lengan akan melukai gusi serta permukaan gigi. 

"Jadi kalau pake yang keras, terus pake yang hand bisa sebabkan abrasi, menyikat giginya sepergi gergaji, gusi dengan permukaan emailnya akan turun," kata Usman.

Kondisi email yang turun ini menurut Usman akan berkembang menjadi penyakit gigi yang menyerang di usia 40an. Hal ini dikarenakan jaringan pendukung gigi yang telah rusak.

3. Bisa sebabkan kanker mulut

Kebiasaan kurangnya kesadaran dalam merawat kesehatan gigi dan mulut ini juga bisa menjadi salah satu sebab timbulnya kanker mulut. Usman menyebutkan, perokok menjadi orang yang paling mungkin memiliki kanker mulut karena kebiasaan kurangnya merawat gigi dan mulut. 

"Terutama perokok, kebiasaan-kebiasaan merokok itu menyebabkan rangsangan terjadinya kanker dan bahan bahan kimia lain," ungkap Usman.

4. Bisa sebabkan stunting

Selain itu, saat ditanyai apakah masalah gigi dan mulut bisa menyebabkan stunting pada anak, Usman mengiyakan. Menurutnya, gangguan pada gigi dan mulut bisa menjadi faktor tidak langsung penyebab stunting.

"Faktor stunting itu gak langsung, indirect, orang sakit (gigi) kan gak mau makan, pengaruhnya kesana kan," kata Usman.
Menurut Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI,  stunting merupakan masalah kekurangan gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi yang berlangsung dalam waktu lama. Stunting kemudian akan menyebabkan gangguan pertumbuhan anak, berupa tinggi badan yang cenderung pendek dari standar anak seusianya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mulut kanker sikat gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top