Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa itu Penyakit Langka Kawasaki yang Viral di Medsos? Ini Penyebab dan Gejalanya

Penyakit Kawasaki disebut juga sindrom kelenjar getah bening mukosa yang sebabkan peradangan pada kelenjar getah bening dan selaput lendir.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 23 September 2022  |  10:50 WIB
Apa itu Penyakit Langka Kawasaki yang Viral di Medsos? Ini Penyebab dan Gejalanya
Ilustrasi anak sakit
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cerita seorang ibu di Tangerang Selatan mengenai kesehatan anaknya yang mengidap penyakit langka kawasaki, viral di media sosial.

Ibu tersebut menyebutkan pengobatan penyakit anaknya juga sama sekali tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Dilansir dari NHS, penyakit Kawasaki dikenal juga dengan sebutan sindrom kelenjar getah bening mukosa yang umumnya menyerang anak-anak di bawah usia 5 tahun.

Hal ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar getah bening dan selaput lendir pada kulit, hidung, mata ataupun tenggorokan.

Penyakit ini menyebabkan peradangan atau pembengkakan dinding pembuluh darah kecil hingga sedang yang mempunyai fungsi mengangkut darah ke seluruh tubuh. Ini juga menyebabkan pembengkakan pada arteri koroner yang punya peran memasok darah yang kaya akan oksigen ke jantung.

Ciri-ciri anak yang idap penyakit ini biasanya alami demam tinggi, mata dan lidah merah serta tangan, kaki bengkak disertai kulit yang mengelupas.

Apakah termasuk penyakit serius?

Dilansir dari Mayoclinic, meskipun penyakit Kawasaki tergolong penyakit langka, tetapi penyakit ini umumnya bisa disembuhkan.

Sebagian besar anak dengan penyakit ini akan sembuh jika tanpa masalah serius dan jika diobati dalam waktu 10 hari setelah gejala ataupun serangan.

Gejala penyakit kawasaki

Biasanya anak yang diagnosis penyakit ini akan mengalami demam selama lima hari dengan suhu 39 derajat celcius, serta empat gejala dari beberapa gejala berikut:

  • Ruam di bagian utama tubuh ataupun di area genital
  • Pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening
  • Alami mata yang sangat merah serta mengeluarkan cairan kental
  • Bibir merah, kering serta pecah-pecah dengan lidah yang sangat merah dan juga pecah-pecah
  • Telapak tangan dan telapak kaki merah dan bengkak, lalu pada bagian kulit jari tangan dan kaki mengelupas

Karena gejala-gejala tersebut bisa saja datang tidak bersamaan, maka penting untuk memberi tahu tenaga kesehatan tentang gejala yang pernah dialami sebelumnya.

Gejala lainnya yakng berkembang yakni sakit perut, diare, nyeri sendi, sensitif emosional, dan muntah.

Anak yang alami demam tinggi selama lima hari ataupun lebih, namun hanya alami gejala di atas sebanyak kurang dari empat, disebut alami penyakit Kawasaki tidak lengkap.

Meskipun tidak lengkap, tetapi berisiko alami cedera arteri koroner serta tetap butuhkan pengobatan setidaknya 10 hari sejak gejala muncul.

Apa penyebab penyakit kawasaki?

Para ilmuwan belum menemukan penyebab pasti dari penyakit langka ini. Namun, para ilmuwan mempercayai bahwa penyakit ini tidak ditularkan dari orang ke orang.

Ada yang menyebutkan bahwa penyakit ini disebabkan oleh infeksi akibat bakteri ataupun virus dan faktor lingkungan takut lainnya.

Namun, orang dengan gen tertentu bisa lebih mungkin terkena oenyakit ini. NHS juga menyebutkan penyakit ini bersifat genetik, diwariskan oleh orang tua ataupun saudara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Gejala Penyakit penyakit viral
Editor : Restu Wahyuning Asih
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top