Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apakah Konsumsi Makanan Manis Bisa Sebabkan Diabetes?

Ternyata anggapan makanan manis bisa sebabkan diabetes adalah mitos belaka.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 27 September 2022  |  13:44 WIB
Apakah Konsumsi Makanan Manis Bisa Sebabkan Diabetes?
Aneka makanan manis
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selama ini, banyak orang beranggapan bahwa mengonsumsi banyak makanan manis bisa sebabkan diabetes. Lantas apakah itu benar?

Hal ini dijawab oleh Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI, dilansir dari laman p2ptm, pernyataan terlalu banyak makanan manis bisa sebabkan diabetes adalah mitos.

Sebab, faktanya mengonsumsi makanan yang berlebihanlah yang bisa sebabkan kegemukan yang berdampak pada tingginya risiko terkena diabetes melitus tipe 2.

Dilansir dari Healthline, konsumsi gula tambahan memang bisa jadi penyebab meningkatnya risiko terkena diabetes. Namun, hal ini hanya satu dari sekian banyak penyebab, atau bukan berarti menjadi penyebab utama seseorang terkena diabetes.

Ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi penyebab seseorang terkena penyakit ini. Seperti pola makan, genetika secara keseluruhan ataupun gaya hidup.

Bagaimana penelitian mengungkap?

Penelitian menunjukkan, orang yang mengonsumsi minuman manis secara teratur, memiliki risiko 25% terkena diabetes tipe 2. Tetapi jika hanya meminum satu minuman manis sehari, hanya akan menimbulkan risiko sebesar 13%.

Apakah semua gula terkait diabetes?

Faktanya, tidak semua gula berkaitan dengan diabetes. Gula yang terkandung dalam buah ataupun sayuran secara alami, tanpa adanya penambahan dalam pemrosesan, tidak berkaitan dengan diabetes.

Makanan dengan pemanis buatan lah yang berkaitan erat dengan risiko diabetes.

Sebab dalam proses pembuatannya, dilakukan penambahan gula pada makanan atau minuman tersebut.

Apa saja makanan yang mengandung pemanis buatan?

1. Buah-buahan kaleng

Pernah meneguk segelas es teh leci? Minuman yang umumnya disajikan di berbagai kedai minuman tempat nongkrong ini memang enak. Terlebih, sajian leci dalam minuman ini biasanya merupakan buah leci asli. Namun dalam kemasan kalengan.

Buah dalam kemasan kalengan dinilai lebih berkaitan dengan diabetes dibandingkan dengan buah alami yang tidak diolah. Jadi, semakin sering mengonsumsi buah-buahan kaleng, semakin tinggi juga risiko terkena diabetes.

2. Sirup manis

Saat berada di tengah terik matahari, akan sangat menyegarkan jika bisa meneguk minuman manis. Apalagi jika ditambahkan es ke dalamnya.

Akan tetapi, minuman manis seperti ekstrak buah-buahan yang sudah diolah dengan penambahan gula di dalamnya, akan menyebabkan orang yang mengonsumsinya terkena diabetes. Jika diminum sering.

3. Jus buah

Selama ini, orang mengenal jus buah sebagai minuman yang menyehatkan. Hal ini dikarenakan minuman menyegarkan ini terbuat dari buah yang memiliki manfaat baik untuk tubuh.

Namun, sayangnya belum banyak yang mengetahui bahwa tambahan gula dalam jus buah justru membuat jus buah menjadi salah satu minuman penyebab diabetes.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

diabetes Penyakit Diabetes makanan manis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top