Hepatitis B/istimewa
Health

Gejala Hepatitis B yang Muncul Diam-diam

Widya Islamiati
Rabu, 28 September 2022 - 19:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hepatitis adalah kondisi saat hati atau liver mengalami peradangan. Infeksi atau peradangan ini disebabkan oleh virus hepatitis. 

Ada beberapa macam hepatitis, salah satu yang masih menjadi masalah besar di Indonesia selain hepatitis A yang sangat umum terjadi, adalah hepatitis B. Hal ini dikarenakan prevalensi penyakit ini masih cukup tinggi. 

Berbeda dengan hepatitis A, hepatitis B disebut memiliki risiko komplikasi lebih tinggi. Namun, tingkat penularannya dinilai lebih sulit dari penularan hepatitis A yang bisa melalui makanan ataupun minuman yang terpapar virus hepatitis. 

Penyakit ini sangat umum ditularkan oleh ibu hamil pada bayi, meskipun banyak kasus juga ditemukan dalam tes kesehatan ataupun transfusi darah, melalui jarum suntik.

Dilansir dari laman RSUP dr. Loekmono Hadi, hepatitis B dapat berkembang menyebabkan hepatitis akut, hepatitis berat atau fulminan, serta hepatitis kronis. Hepatitis b yang berkembang menjadi hepatitis kronis dapat berlanjut menjadi sirosis hati dan kanker hati.

Gejala hepatitis B

Beberapa kasus hepatitis B justru muncul tanpa gejala ataupun keluhan apapun. Tipe ini lah yang justru berpotensi untuk berkembang menjadi sirosis hati dan berbagai komplikasi lainnya. 

Sebab, penyakit ini akan berkembang terus hingga dalam kondisi yang parah tanpa diobati. Komplikasi sirosis hati muncul dengan gejala mata kuning, perut berisi cairan, muntah darah hingga koma.

Namun, ada beberapa kasus yang muncul dengan berbagai gejala seperti berikut:

  1. Gejala flu
  2. Demam 
  3. Mual
  4. Muntah
  5. Sebagian mata berwarna kuning 
  6. Air seni berwarna coklat

Pemeriksaan hepatitis B

Dilansir dari laman RSUP dr. Sardjito, untuk mendiagnosis hepatitis B perlu dilakukan tes HbsAg. Apabila dalam tes ini hasilnya positif atau reaktif, perlu pemeriksaan selanjutnya, yaitu tes HBV-DNA. Untuk memastikan apakah pasien tersebut terkena hepatitis B atau bukan.

Menurut Pusat Data Informasi Kementerian Kesehatan RI, tes HbsAg (Hepatitis B Surface Antigen) merupakan tes untuk mendeteksi virus hepatitis B.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro