Depresi/cadasorg
Relationship

Gak Mau jadi Remaja Jompo, Jangan Overthinking!

Widya Islamiati
Rabu, 28 September 2022 - 20:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Fenomena kalangan muda yang menggunakan berbagai obat ataupun minyak angin aromaterapi menjadi perbincangan hangat di media sosial. Ini disebut dengan istilah remaja jompo. 

Kementerian Pemuda dan Olahraga dalam Instagram resminya, menyebut, remaja jompo adalah sebutan bagi remaja ataupun  kaum muda yang mudah sekali alami kelelahan, pegal-pegal, sakit punggung, sakit pinggang, lemas dan lemah tanpa adanya indikasi penyakit tertentu.

Inilah mengapa di media sosial, remaja jompo kerap kali dikaitkan dengan koyo, minyak angin aromaterapi ataupun balsam.

Kementrian Pemuda dan Olahraga dalam Instagram resminya juga membagikan tips agar tidak menjadi bagian dari remaja jompo.
Berikut tipsnya:

1. Kurangi aktivitas fisik yang berlebihan

Anak muda umumnya punyai semangat yang tinggi untuk bekerja lebih keras. Namun ini berpengaruh pada kesehatan tubuh. Kurangnya istirahat fisik bisa sebabkan berbagai kondisi serius. Bukan hanya pegal-pegal ataupun kelelahan yang dialami remaja jompo saja.

2. Berolahraga secara teratur

Jangan berlebih, jangan pula kurang. Karena kurangnya aktivitas fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa remaja jompo sering alami pegal-pegal, fisiknya tidak kuat dan cenderung sering alami kelelahan.

Maka, dengan berolahraga sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, bisa membantu agar tidak termasuk bagian dari remaja jompo.

3. Makan-makanan yang bergizi

Umumnya, anak muda gemar mengonsumsi makanan yang cepat, praktis dan murah. Namun, dibalik kelebihannya itu, justru bisa menjadi investasi sakit di masa depan. Lalu, di masa kini, akan berdampak pada kurangnya energi tubuh.

Mengonsumsi makanan yang bergizi adalah satu hal yang wajib dipenuhi jika tidak ingin jadi bagian dari remaja jompo. 

4. Jaga pikiran tetap positif

Anak muda erat sekali dengan perilaku overthinking atau memikirkan sesuatu secara berlebihan hingga timbulkan ketakutan tersendiri. Overthinking ini juga erat dengan perilaku begadang dan insomnia, dua hal yang jelas tidak berdampak baik pada kesehatan.

Menghindari overthinking dan selalu berusaha berpikir positif, adalah salah satu cara supaya tidak jadi remaja jompo. 

5. Kurangi asupan gula

Tren makanan dan minuman manis, seperti minuman boba, makanan pembuka dengan topping berlimpah, harus dikurangi, sebab tidak sehat untuk tubuh. 

Sebaliknya, buah tren itu, minimal pada diri sendiri dengan meminum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Ini membantu metabolisme dan pencernaan tubuh menjadi lebih lancar sehingga bisa terhindar dari istilah remaja jompo. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro