Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Alat Peracik Warna Lipstik Pertama di Dunia, Bagian dari L'oreal Beauty Tech

Loreal menciptakan teknologi terbaru dimana Anda bisa mengombinasikan beberapa warna lipstik,
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 30 September 2022  |  22:32 WIB
Alat Peracik Warna Lipstik Pertama di Dunia, Bagian dari L'oreal Beauty Tech
Ilustrasi - Parade
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sangat menyebalkan sekali jika membeli barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi. Ini kerap terjadi ketika membeli barang secara online, ataupun membeli barang yang tidak punyai produk tester. Salah satunya adalah produk kosmetika.

Di Indonesia, Badan Pengawas Obat dan Makanan mengungkap, ada sebanyak 411.410 produk kosmetika yang punyai izin edar dalam lima tahun terakhir. Dari semua produk tersebut, sangat susah sekali menemukan barang yang cocok dengan diri sendiri.

Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan kulit dan penggunaan produk perawatan ini terus meningkat di Indonesia. Hal ini terlihat dari animo masyarakat dalam bidang ini.

Meskipun Indonesia masih dalam tahap pemulihan pasca pandemi, tetapi daya beli masyarakat Indonesia di bidang kecantikan sudah kembali naik. Ini terlihat dari data pertumbuhan pasar kecantikan di Indonesia pada tahun 2021 yang sebesar 12% dengan total penjualan sekitar 41 triliun.

Pasar kecantikan yang meningkat ini tidak lepas dari peran gen z dalam hal ini. Gen z diidentikan dengan transformasi digital dan kemajuan teknologi. Untuk menyasar kelompok ini, para pelaku usaha harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi agar bisa menjadi bagian dari pertumbuhan pasar kecantikan.

Hal ini juga yang dilakukan oleh perusahaan produk kecantikan L'oreal. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1986 ini menghadirkan berbagai alat hasil inovasi yang dirancang untuk menjawab keluhan konsumen.

Ini diutarakan oleh Presiden Direktur L'Oreal Indonesia, Junaid Murtaza, menurutnya kebutuhan masyarakat di bidang kecantikan terus meningkat dan semakin beragam.

"Untuk memenuhi keinginan masyarakat yang semakin beragam, produk harus bertanggung jawab, transparan dan tim kami harus lebih kreatif dan gesit," ungkapnya saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta Selatan pada Sabtu (30/9/2022).

Salah satu inovasi yang dikenalkan oleh perusahaan ini adalah alat untuk menganalisa kebutuhan kulit, Kiehl's Derma Reader Pro. Alat ini bisa menganalisa secara langsung empat permasalahan di permukaan kulit, kemerahan, noda kecoklatan, kerusakan akibat sinar UV, serta pori-pori tersumbat.

Lalu, untuk masyarakat yang punyai permasalahan kulit berjerawat, ada alat yang dikenalkan L'oreal untuk mendeteksi tingkat keparahan jerawat dengan menggunakan teknologi Artificial Intellegence (AI). Alat ini bernama La Roche-Posay Spotscan.

Akan sangat menyenangkan jika bisa meracik warna lipstik sendiri, menyesuaikan dengan outfit ataupun menyesuaikan dengan keinginan. L'Oreal kemudian menjawab angan perempuan dengan berinovasi mencilatkan mesin peracik warna lipstik pertama di dunia, Yves Saint Laurent Rouge Sur Mesure.

Sama dengan alat sebelumnya, alat ini juga menggunakan algoritma warna berbasis AI untuk menyediakan fitur try on virtual. Alat ini kemudian akan merekomendasikan warna lipstik apa yang sesuai dengan yang anda inginkan atau yang anda kenakan, baju, rambut dan lain-lain.

Sejak tahun 2021 lalu, sudah ada 17 ala canggih di bidang kecantikan atau beauty Tech yang dikeluarkan oleh L'oreal sejak teknologi pertamanya, Maybelline Virtual Try On pada 2019 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lipstik make up kosmetik
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top