Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Unsur Penting dalam Seni Mural

Apa sajakah hal-hal yang penting dalam sebuah karya seni mural? warna adalah salah satunya
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Oktober 2022  |  18:59 WIB
Unsur Penting dalam Seni Mural
Mural
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia Comic Con kembali digelar pada 1 dan 2 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center dengan Tema "Pop Culture #Unleash The True You".

Dalam gelaran kali ini, juga dimeriahkan oleh nuansa street art dan grafitti dengan kehadiran Gardu House sebagai komunitas street art dan graffiti.

Kehadiran komunitas ini, untuk membuka ruang kreasi bagi pencinta komik dan mainan serta ajang untuk merayakan kecintaan di ranah pop culture ini.

Pesatnya perkembangan informasi dan komunikasi membuat ranah subkultur menjadi cepat meluas. Salah satunya adalah seni Pop Art atau Urban Art yang di dalamnya terdapat street art, ilustrasi, komik, fashion, music, video games, hingga toys.

Generasi muda saat ini kemudian mencoba mengekspresikan dirinya ke dalam bentu-bentuk seni tersebut. Tak sedikit pula yang kemudian rela membeli, koleksi, hingga ber-cosplay berdasarkan karakter favorit mereka.

“Pop Art atau Urban Art menjadi salah satu budaya yang berpengaruh dalam memindahkan karya seni ke media seperti mainan, sepatu, tembok, dan bidang-bidang lainnya, yang pada akhirnya juga menginspirasi teman – teman Gardu House dalam membuat berbagai karya. Tidak hanya komunitas street art dan graffiti, tren pop culture ternyata juga sudah dimanfaatkan teman – teman customized action figure untuk memodifikasi hingga melakukan repaint” ujar Wormo, pelaku Street Art dan Grafiti yang tumbuh bersama Gardu House dalam Talkshow; Colours For Your Creativity bersama Nippon Paint.

Wormo menambahkan bahwa dalam sebuah karya mural, warna menjadi unsur paling penting dan mendominasi terciptanya sebuah karya desain karena memang fungsi utamanya adalah untuk mempertegas dan memperkuat tujuan desain maupun seni itu sendiri.

Mural saat ini juga dapat menjadi media penyampaian pesan terutama untuk menumbuhkan budaya literasi pada masyarakat dalam rangka pembelajaran sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu, mural dapat menjadi salah satu ‘seni membumi’ dimana para seniman menggunakan ruang publik yang tidak dimaknai sebagai “kamar” yang ekslusif, sehingga memberi kesempatan kepada masyarakat luas untuk memberikan respon tanpa sungkan dari apa yang mereka rasakan saat melihat karya-karya yang dihasilkan oleh para seniman.

Sepriyadi Regional Sales Manager Nippon Paint Indonesia mengatakan seni mural dapat diaplikasikan dengan cat Pylox yang mendukung para seniman mural dan graffiti untuk eksplorasi ide kreatif tanpa batas melalui berbagai karya.

"Ini dapat menjadi langkah awal mengenalkan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang literasi dengan cara yang lebih menyenangkan,” ujarnya. 

Sepriyadi menambahkan, produk Pylox juga sudah bekerjasama dengan Seniman Mural di beberapa negara seperti Tiongkok, Hong Kong, Taiwan, hingga Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

seni seniman seni lukis
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top