Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Khasiat Edamame, Camilan dari Jepang yang Melegenda

Pecinta edamame, berikut sederet manfaat kacang favorit Anda untuk kesehatan.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 08 Oktober 2022  |  03:07 WIB
Khasiat Edamame, Camilan dari Jepang yang Melegenda
Edamame - istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Edamame, camilan menyehatkan asal Jepang yang juga punyai rasa enak. Edamame merupakan sebutan bagi kacang kedelai hijau yang belum matang dengan sempurna.

Tidak seperti kacang polong yang bisa langsung dimakan, edamame biasanya diolah terlebih dahulu, dengan cara direbus. Ternyata, selain nikmat, edamame juga menyimpan sederet manfaat untuk tubuh.

Berikut manfaat edamame untuk kesehatan tubuh berdasarkan berbagai sumber!

1. Menurunkan risiko kanker payudara

Karena edamame merupakan kacang kedelai yang belum matang. Maka, edamame juga mengadaptasi manfaat kacang kedelai. Penelitian menunjukkan bahwa kacang kedelai dapat mengurangi risiko kanker payudara.

2. Dapat mengurangi kolesterol jahat

Sebuah Analisis dari 38 uji klinis menunjukkan bahwa makan protein kedelai daripada protein hewani secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL. Sedangkan, kadar kolesterol yang tinggi dikaitkan dengan berbagai kondisi serius seperti peningkatan risiko penyakit jantung , stroke , dan diabetes tipe 2.

3. Mengurangi gejala menopause

Saat orang memasuki masa menopause, dia akan alami berbagai gejala seperti keringat malam, menstruasi tidak teratur, perubahan suasana hati, hingga perubahan hasrat untuk berhubungan intim. Beberapa kondisi tersebut merupakan gejala menopause. Hal ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon strogen.

Salah satu penawarnya adalah dengan mengonsumsi edamame yang memiliki kandungan isoflavon memiliki efek pada tubuh yang mirip dengan estrogen. Studi menunjukkan bahwa senyawa ini dapat mengurangi gejala menopause.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung

Edamame merupakan sumber protein makanan yang lengkap. Edamame mengandung semua asam amino esensial dan merupakan satu-satunya sumber protein nabati lengkap. Penelitian menunjukkan edamame bisa menggantikan protein berbasis daging dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

5. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Selain merupakan sumber protein, edamame juga merupakan sumber serat. Dalam secangkir edamame setidaknya mengandung 4 gram serat, yang dapat menjaga sistem tetap sehat dan membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, serat dalam edamame juga dapat membantu menurunkan berat badan.

6. Meningkatkan kesehatan otak

Dalam secangkir kacang edamame memiliki 8 gram lemak, termasuk 3 gram lemak tak jenuh ganda. Asupan lemak tak jenuh (baik) ini dapat membantu menurunkan kolesterol total dan menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh ganda dalam edamame termasuk asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan kesehatan otak dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kedelai edamame kacang tanah makanan sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top