Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Deretan Brand Lokal yang Tampil di Fashion Week Mancanegara

Brand lokal kini kian bisa bersaing di pasar mancanegara, pasca muncul di sejumlah fashion week dunia.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 14 Oktober 2022  |  19:05 WIB
Deretan Brand Lokal yang Tampil di Fashion Week Mancanegara
Erigo
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat ini industri fashion Tanah Air telah menjelma menjadi salah satu tulang punggung sektor ekonomi kreatif yang punya kontribusi nyata pada negara.

Berdasarkan data dari Badan Ekonomi Kreatif, tercatat selain dari sub-sektor kuliner, fashion turut memberi kontribusi terbesar kedua dalam kontribusi ekonomi kreatif sebesar 18,15 persen dari total produk domestik bruto (PDB) yakni 852,24 triliun.

Kabar baiknya lagi, sebagai salah satu industri dengan rantai pasok yang panjang dari hulu hingga hilirnya, di mana sejak beberapa bulan terakhir mulai bangkit dari keterpurukan Covid-19. Tentunya industri fesyen membawa berpengaruh positif bagi kepentingan ribuan hingga jutaan orang yang terlibat di dalamnya.

Berkat kegigihan dalam beradaptasi dengan selalu mencari celah untuk tetap eksis. Tak heran jika banyak banyak pelaku ekraf lokal terus melebarkan sayap hingga mancanegara. Bahkan keberhasilannya ini ditandai lewat kesempatan bagi para brand untuk bisa memamerkan kreasinya dan tampil dalam ajang fashion bertaraf internasional, seperti Fashion Week.

Melihat fenomena tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Jemmy Kartiwa Sastraatmaja mengatakan industri TPT kini semakin membaik, di mana utilisasi mencapai 62,54 persen pada industri tekstil dan 79,09 persen pada industri pakaian jadi.

Jemmy menambahkan, “Hal ini menjadi peluang yang dapat dimanfaatkan Indonesia. Meski demikian, potensi industri di Indonesia masih perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk dari pihak swasta tidak hanya dari pemerintah agar memiliki daya saing yang semakin tinggi.”

5 Brand Lokal Indonesia Siap Tembus Pasar Mancanegara

Jalan terang industri fesyen dalam menjangkau pasar internasional makin terbuka lebar sejak lima brand lokal Indonesia terpilih menjadi peserta perhelatan fashion kelas dunia yakni Fashion Week yang diadakan di tiga Ibu Kota Negara yakni New York, Paris dan London.

Dengan kesempatan ini, tentu dapat membuka lebih banyak peluang bisnis bagi brand lokal Tanah Air. Pertama ada Jewel Rocks, yang merupakan salah satu brand perhiasan handmade asal Bali yang telah dibangun sejak 2006 mendapatkan undangan dari L'Adresse Paris Agency untuk memamerkan dan menjual koleksi mereka di salah satu pagelaran pekan mode terbesar di dunia, Paris Fashion Week 2022.

Di tahun 2023 sendiri, sama seperti Jewel Rocks, By Lizzie Parra atau yang lebih populer dikenal publik dengan sebutan BLP Beauty resmi menjadi beauty brand lokal pertama dari Indonesia yang terpilih oleh KBRI Paris dan L’Adresse untuk menghadiri Paris Fashion Week 2023

Selain itu, adapula Heaven Lights, sebuah brand modest pakaian muslimah dengan mengusung konsep batik serta Erigo yang menghadiri New York Fashion Week 2023. Sementara itu, Wearing Klamby yang juga brand busana muslim Indonesia turut serta dalam menghadiri London Fashion Week 2023.

Berangkatnya brand-brand Tanah Air ini tentunya juga diharapkan dapat memperkenalkan produk lokal buatan Indonesia, mulai dari produk kecantikan hingga fesyen, ke pasar internasional, sehingga produk buatan Indonesia pun diharapkan dapat dikenal berkembang di pasar global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

brand brand lokal fashion tren fashion fashion show fashion week
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top