Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Simak 10 Rahasia Panjang Umur dari Kebiasaan Sederhana

Agar tetap bugar dan panjang umur, maka tubuh Anda memerlukan istirahat yang cukup. Simak tips agar panjang umur.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 15 Oktober 2022  |  01:35 WIB
Simak 10 Rahasia Panjang Umur dari Kebiasaan Sederhana
Tips agar panjang umur
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hidup sehat dan berumur panjang merupakan hal yang sangat diidamkan oleh kebanyakan orang. Namun, seringkali keinginan tesebut justru tidak diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat.

Akibatnya, tubuh lebih cepat diserang berbagai macam penyakit yang memicu kematian dini. Rahasia umur panjang itu sebenarnya dipenuhi dengan sejumlah kebiasaan sederhana yang secara tidak sadar sering dihiraukan.

Padahal, menurut sebuah sebuah studi di tahun 2018 lalu,  telah disimpulkan bahwa dengan hanya menerapkan lima kebiasaan pola hidup sehat yang sederhana, hal itu dapat membantu meningkatkan harapan hidup manusia hingga 12  bahkan 14 tahun kedepan.

10 Kebiasaan bikin panjang umur:

1. Perbanyak minum air mineral

Kebiasaan yang paling sederhana tetapi membuat tubuh tetap sehat dan bugar adalah minum air mineral. Namun, terhidrasi membantu mengatur metabolisme dan menjaga pikiran kita tetap terjaga.

Pada umumnya, konsumsi air mineral yang disarankan untuk orang dewasa adalah sekitar delapan gelas per hari (sebanyak 2 liter air).

2. Istirahat yang cukup

Agar tetap bugar, tubuh Anda memerlukan istirahat yang cukup. Oleh karena itu, pastikan waktu istirahat Anda tidak terganggu dengan waktu bekerja.

3. Gaya hidup aktif

Dengan menerapkan gaya hidup aktif, kebugaran  tubuh Anda akan tetap terjaga. Selain itu, hal ini juga dapat mengurangi tingkat kecemasan dalam pikiran Anda.

4. Bersosialisasi

Bertemu dan berbincang dengan kerabat maupun keluarga merupakan kebiasaan sederhana yang baik untuk diterapkan.

Anda dapat menghabiskan waktu dengan bersenang-senang, berbagi, dan tertawa. Dengan begitu, secara alami tubuh Anda akan merasa lebih baik setiap harinya.

5. Traveling

Sesekali, Anda perlu menyusun jadwal liburan atau berpegian untuk menyegarkan kembali pikiran Anda setelah dihadapkan oleh sejumlah masalah.

6. Belajar hal baru

Teruslah belajar hal-hal baru di sepanjang hidup Anda. Dengan begitu, otak akan terangsang dan   tetap aktif. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan semangat baru pada tiap harinya karena merasa memiliki tujuan yang harus dicapai.

7. Perhatikan asupan gizi

Salah satu kunci rahasia panjang umur adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Artinya, anda perlu memperhatikan asupan gizi dari makanan Anda.

Anda perlu mengonsumsi sayuran, buah-buahan,  hingga daging dalam jumlah yang cukup. Perlu diketahui,  kebutuhan energi tubuh dalam satu hari adalah 2.000 kalori. Kemudian, dalam satu hari, jumlah karbohidrat yang dibutuhkan tubuh adalah 325 gram, protein 75 gram, serta lemak sejumlah 44 gram.

8. Konsultasi kesehatan

Selain mengupayakan hidup sehat secara mandiri, Anda juga perlu pergi ke dokter untuk sekedar memeriksa dan mengonsultasikan kesehatan Anda.

9. Kurangi penggunaan barang elektronik

Anda perlu membatasi penggunaan bahan elektronik seperti HP, laptop, televisi, dan yang lainnya.

Barang elektronik memiliki radiasi yang tinggi. Terlalu banyak terkena paparan radiasi menyebabkan timbulnya gangguan kinerja sistem tubuh seperti peredaran darah, penglihatan, saraf, hingga jaringan tubuh lainnya.

10. Tidak merokok

Merokok merupakan salah satu faktor yang berisiko pada kematian. Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk menjalani hidup yang lebih sehat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

panjang umur tips sehat kesehatan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top