Obat sirup cair
Health

Update 3 Obat Sirup Mengandung EG dan EDG Melebihi Ambang Batas

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 23 Oktober 2022 - 18:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA –  Kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito memaparkan ada 3 obat sirup yang memiliki kandungan cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) di luar ambang batas sehingga berisiko pada kesehatan.

Adapun, ambang batas cemaran EG adalah 0,5 mg per kg berat badan per hari.

Penemuan itu, berdasarkan hasil pengujian dari cemaran EG dan DEG dalam obat tersebut. Hasilnya, kadarnya melebihi ambang batas yang dinyatakan aman. 

"Ada tiga produk yang telah dilakukan pengujian dan dinyatakan cemaran EG dan DEG melebihi ambang batas aman. Namun, sebenarnya ketiga produk ini memang sudah kami laporkan ya di dalam press release sebelumnya,” ujarnya dalan konferensi pers virtual, Minggu (23/10/2022).

Dia memerinci daftar Produk yang Dinyatakan Mengandung Cemaran EG/DEG Melebihi ambang batas aman dan telah diumumkan pada 20 Oktober 2022, yaitu Unibebi Cough Syrup (Universal Pharmaceutical Industries), Unibebi Demam Drop (Universal Pharmaceutical Industries), dan Unibebi Demam Syrup (Universal Pharmaceutical Industries).

Sebelumnya, BPOM mencatat 5 produk obat sirup di Indonesia yang mengandung cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas.

Produk ini teridentifikasi setelah BPOM melakukan pengujian terhadap obat-obat yang diduga tercemar senyawa etilen glikol. Itu didapatkan dalam 39 bets dari 26 sirup obat hingga 19 Oktober 2022 lalu.

Adapun lima obat yang ditarik oleh BPOM, yakni Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), produksi PT Yarindo Farmatama dengan nomor izin edar DTL0332708637A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Obat selanjutnya adalah Unibebi Cough Sirup (obat batuk dan flu), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DTL7226303037A1, kemasan Dus, Botol Plastik @ 60 ml.

Ketiga adalah Termorex Sirup (obat demam), produksi PT Konimex dengan nomor izin edar DBL7813003537A1, kemasan dus, botol plastik @60 ml.

Selanjutnya, Unibebi Demam Drops (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL1926303336A1, kemasan Dus, Botol @ 15 ml.

Kelima adalah Unibebi Demam Sirup (obat demam), produksi Universal Pharmaceutical Industries dengan nomor izin edar DBL8726301237A1, kemasan Dus, Botol @ 60 ml.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro