Ilustrasi serangan jantung/Freepik.com
Health

Mau Jantung Sehat? Hindari 5 Makanan Ini

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 25 Oktober 2022 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada beberapa jenis makanan yang ternyata harus dihindari jika Anda ingin memiliki jantung yang sehat.

Ini bukan hanya sekadar makanan tinggi lemak jenuh yang berbahaya, namun juga beberapa jenis makanan yang bahkan Anda nikmati setiap hari di rumah.

Berdasarkan ahli kardiologis yang dilansir dari CNBC, berikut daftar makanan yang harus dihindari jika Anda ingin jantung Anda tetap sehat:

1. Roti

Banyak orang terkejut mengetahui bahwa roti dan makanan yang dipanggang adalah beberapa penyumbang natrium terbesar dalam makanan kita. Konsumsi natrium yang tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung dan stroke.

Bagel polos, misalnya, dapat mengandung 500 miligram sodium, yaitu sekitar sepertiga dari yang direkomendasikan oleh American Heart Association per hari untuk kebanyakan orang dewasa.

Tepung halus dalam roti juga bisa membuat gula darah kita melonjak. Dan ingat, hanya karena warnanya cokelat, itu tidak membuatnya lebih baik.

Untuk kandungan serat, saya mencoba mencari biji-bijian dan biji-bijian yang terlihat di setiap irisan, dan saya menargetkan setidaknya tiga gram serat per 100 kalori.

2. Margarin

Terlalu banyak mentega tidak sehat untuk jantung Anda, tetapi alternatif seperti margarin tidak selalu lebih baik.

Dulu ada lebih banyak lemak trans yang meningkatkan kolesterol "jahat" dan menurunkan kolesterol "baik" - dalam margarin sebelum FDA menerapkan larangan minyak terhidrogenasi parsial pada tahun 2015. Tapi hanya karena asam lemak trans hilang, itu tidak 'tidak membuat margarin otomatis baik untuk kita.

Margarin banyak di pasaran dibuat dengan minyak kelapa sawit, yang mengandung lemak jenuh dalam jumlah tinggi yang dapat meningkatkan kolesterol Anda.

Margarin yang terbuat dari minyak zaitun atau minyak rami adalah pilihan yang lebih baik. Minyak zaitun hanya mengandung sedikit lemak jenuh dan tidak mengandung lemak trans.

3. Susu skim

Susu dan produk susu yang mengandung lemak susu merupakan sumber utama asam lemak jenuh. Dan sementara susu skim mungkin merupakan pilihan yang lebih baik, saya masih mendorong orang untuk menggantinya dan mencoba alternatif.

Susu almond, jambu mete, dan kacang macadamia lebih tinggi lemak tak jenuh yang menyehatkan jantung, seperti juga susu kedelai, rami, dan rami.

Jika Anda minum susu karena merupakan sumber kalsium yang baik, ketahuilah bahwa kalsium dapat ditemukan di banyak makanan berbeda. Almond, brokoli, kangkung, jeruk, kacang-kacangan, edamame, buah ara, dan salmon kalengan adalah pilihan sehat jantung yang dapat menambahkan lebih banyak kalsium ke dalam makanan Anda.

4. Soda Diet

Ini mungkin tidak mengandung gula apa pun, tetapi soda diet masih bisa mengacaukan biokimia Anda. Studi terbaru mengungkapkan bahwa pemanis buatan yang ditemukan dalam soda diet dapat memengaruhi produksi protein penting dalam usus kita yang melindungi dari obesitas dan diabetes.

Untuk pilihan minuman yang menyegarkan, saya suka pergi dengan teh, yang penuh dengan senyawa sehat jantung yang membantu melawan peradangan dan kerusakan sel. Teh hitam dan hijau telah dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke yang lebih rendah.

Pilihan bagus lainnya adalah segelas air soda dengan beberapa buah segar dan daun mint yang dilemparkan.

5. Granola Bar

Meskipun mungkin terdengar sehat, sebagian besar batangan granola mengandung lebih dari sekadar gandum, kacang-kacangan, dan buah-buahan yang biasanya disorot di bagian depan kemasan.

Banyak juga yang mengandung gula tambahan, pemanis buatan dan bahan kontraproduktif lainnya, seperti minyak sawit.

Saya lebih suka kacang mentah sebagai camilan yang memuaskan. Ketika saya makan oat, saya biasanya sarapan oatmeal, menggunakan buah kering atau segar sebagai pemanis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro