Tisu Toilet/ilustrasi
Health

Kanker Serviks Bisa Ditularkan Saat Pakai Toilet Umum

Widya Islamiati
Rabu, 2 November 2022 - 21:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi dr. Cindy Rani Wirasti ungkap fakta mengenai kanker serviks yang banyak menyasar anak usia 15 hingga 19 tahun dan disebabkan oleh virus Human Papilloma Virus (HPV).

dr. Cindy, menyebut penularan penyakit ini bisa melalui pemakaian toilet umum. Menurutnya, ini terjadi ketika seseorang menggunakan toilet umum, lalu menyentuh berbagai fasilitas seperti gagang pintu ataupun keran air tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, setelah memegang area kelamin.

"Kalau habis membersihkan alat vital, misal gak ada sabun cuci tangan, jadinya gak cuci tangan terus pegang gagang pintu, gagang keran, itukan sebelumnya pegang area genital ya, itu bisa menularkan (virus HPV)," ungkap dr. Cindy dalam Kelas Jurnalis MSD di kawasan Kuningan, Jakarta pada Selasa (2/11/2022).

Lebih lanjut dr. Cindy menjelaskan bahwa penularan virus HPV yang sebabkan kanker serviks ini terbagi menjadi dua, melalui aktivitas seksual dan nonseksual, sehingga bisa menyasar pada orang yang belum aktif secara seksual.

Penularan virus HPV melalui rute seksual, menurut dr. Cindy menyumbang 85 persen kasus kanker serviks, ini termasuk melalui hubungan intim, genital-genital, hubungan melalui anal maupun oral.

"Melalui hubungan anal ataupun oral, makannya ada orang yang juga bisa tertular virus ini dan sebabkan kanker orofaring," kata dr. Cindy.

Sedangkan nonseksual, dr. Cindy menjelaskan bisa ditularkan oleh ibu yang positif virus HPV pada bayi yang dilahirkan, bisa melalui tempat pemeriksaan yang kurang bersih, penggunaan toilet umum, atau bahkan dari mainan seksual.

"Dari mana aja bisa, pemakaian toilet umum, pemakaian alat-alat, ada orang yang suka secara seksual suka mainan-mainan, itu adalah penularan HPV," pungkas dr. Cindy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro