Ilustrasi pasangan yang berjodoh dan sedang jatuh cinta/Freepik.com
Fashion

Bisnis Rental Pacar Makin Digandrungi Kawula Muda, Amankah?

Restu Wahyuning Asih
Kamis, 17 November 2022 - 11:15
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Media sosial sedang dihebohkan dengan bisnis online yang tak biasa. Yakni jasa rental pacar yang dibayar per menit.

Seorang netizen menjadi sorotan setelah mengaku menjadi pelaku rental jasa sleepcall. Selain itu, jasa rental pacar mulai dari chat hingga bertemu langsung pun dilakoni.

Fenomena ini banyak digandrungi netizen yang tak memiliki pasangan dan ingin mengutarakan cerita-ceritanya.

Dalam jasa ini, pelaku usaha menjadi teman curhat hingga alarm otomatis untuk mengingatkan makan atau dibangunkan di pagi hari.

Harga yang ditawarkan pun tidak mahal, mulai dari Rp15 ribu per jam untuk sleep call hingga Rp15ribu untuk ditemani chat setiap hari.

Tarif paling mahal yakni Rp50 ribu per jam, apabila penyewa jasa ingin bertemu secara langsung.

Salah satu akun Twitter yang menawarkan jasa sewa pacar ini menawarkan penyewaan pacar mulai harga Rp200 ribu untuk 3 hari.

Ada juga akun yang memasang tarif Rp80 ribu untuk netizen yang membutuhkan pacar virtual selama 7 hari.

Banyak diminati, jasa rental pacar ini kemudian menjamur di media sosial Twitter. Namun tak sembarangan, jasa sewa pacar ini memiliki aturannya sendiri-sendiri.

Pelaku usaha memberikan aturan untuk tidak minum minuman beralkohol dan tidak melakukan hubungan seksual.

Meski terkesan tabu, penyewaan pacar ini memiliki pro dan kontranya sendiri. Di tengah kesibukan dan kurangnya sosialisasi, jasa rental pacar menjadi solusi. 

Psikolog Klinis Dewasa Liza Marielly Djaprie mengatakan bahwa jasa rental pacar ini harus disesuaikan dengan budaya sekitar.

"Yang harus kita sesuaikan adalah tentunya dengan budaya kita sendiri. Kalau misalnya memang mau melakukan sewa pacar tapi tetap ada pakem yang harus kita penuhi," kata Liza dikutip dari Youtube CNN Indonesia, Jumat (4/11/2022).

Terkait tabu tidaknya jasa rental pacar ini, Liza menilai hal tersebut berkaitan dengan perkembangan jaman dan pengaruh budaya di negara lain.

Dirinya juga menekankan adanya pro dan kontra dalam jasa sewa pacar ini, yang dibatasi dari dalam diri sendiri terkait dampak positif dan negatif yang ditimbulkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro