Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Faringitis, Gejala Utama Covid pada Orang Sudah Suntik Vaksin, Kenali Tandanya

Kenali gejala utama covid pada orang suntik vaksin, yang kini sedang naik lagi kasusnya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 21 November 2022  |  06:15 WIB
Faringitis, Gejala Utama Covid pada Orang Sudah Suntik Vaksin, Kenali Tandanya
Sakit tenggorokan - Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kasus covid di dunia dan di tanah air mengalami tren kenaikan.

Aplikasi studi gejala covid keluaran Inggris, Zoe mencatat ada gejala utama covid yang dirasakan oleh mereka yang sudah suntik vaksin, yakni Faringitis.

Data Zoe mencatat, Faringitis, yang menempati posisi teratas di antara yang divaksinasi dalam peringkat aplikasi, secara medis dikenal sebagai sakit tenggorokan.

Itu disebabkan oleh peradangan di tenggorokan Anda karena benda asing seperti Covid.

Cheryl Lythgoe, tenaga medis di penyedia layanan kesehatan nirlaba Benenden Health menjelaskan cara mengenali sakit tenggorokan karena Covid.

“Gejala sakit tenggorokan biasanya disebabkan oleh virus seperti flu dingin dan, sangat jarang, bisa disebabkan oleh bakteri. Gejala sakit tenggorokan bisa berupa nyeri saat menelan dan tenggorokan terasa kering dan gatal. Ini juga dapat muncul sebagai batuk atau kemerahan dan pembengkakan di sekitar bagian belakang tenggorokan (amandel), yang dapat menyebabkan kelenjar getah bening Anda membengkak," paparnya.

Dia juga menjelaskan bahwa gejala tersebut “seharusnya membaik dalam waktu seminggu” dan bahwa Anda “biasanya tidak memerlukan pengobatan” karena sembuh dengan sendirinya.

Lythgoe menambahkan bahwa sakit tenggorokan muncul pada dua pertiga kasus Covid, bersamaan dengan beberapa gejala lainnya.

Para peneliti di Kings College London telah mengidentifikasi sakit tenggorokan, bersama dengan gejala lain, seperti sakit kepala, kehilangan penciuman, nyeri otot, dan batuk, sebagai gejala COVID-19. Sementara itu, hilangnya penciuman dan demam menjadi kurang umum dalam kasus Covid.

Jika sakit tenggorokan tidak disebabkan oleh Covid atau flu, kemungkinan akan bertahan lebih lama. Lythgoe menjelaskan bahwa jika itu adalah demam kelenjar, itu bisa berlangsung dalam satu hingga dua minggu

Dalam kondisi lain, sakit tenggorokan juga bisa muncul sebagai infeksi telinga ringan atau abses pada amandel, atau tenggorokan Anda.

“Komplikasi bendera merah lainnya yang dapat menyebabkan masuk rumah sakit, termasuk Epiglottitis yang muncul sebagai kesulitan bernafas, seringkali pernapasan bernada tinggi (Stridor). Bagi mereka yang mengalami sakit tenggorokan yang berlangsung lama atau tidak kunjung sembuh, itu juga bisa menjadi indikasi kondisi lain seperti kanker atau HIV, jadi harap hubungi dokter Anda terlebih dahulu.” tambahnya.

Lima gejala “teratas” di antara orang yang divaksinasi ganda menurut ZOE, meliputi:

  1. Sakit tenggorokan
  2. Pilek
  3. Hidung mampet
  4. Batuk terus-menerus
  5. Sakit kepala

Tetapi orang dengan sakit tenggorokan dengan covid juga akan mengalami suara serak, yang juga merupakan tanda peradangan di laring tenggorokan.

“Suara serak bisa menjadi tanda radang laring, juga dikenal sebagai Laringitis, yang dapat disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas. Hal ini dapat menyebabkan pembengkakan dan iritasi pada pita suara yang membatasi gerakan getaran biasa. “Untungnya, sebagian besar penyebab suara serak dapat sembuh dengan sendirinya dan akan hilang dengan sendirinya. Penyebab lainnya bisa jadi Laryngopharyngeal Reflux, yang terjadi saat enzim lambung mengiritasi tenggorokan," katanya lagi.

Suara serak juga bisa berhubungan dengan kanker paru-paru, bersamaan dengan gejala lain seperti penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, batuk terus-menerus, mengi, sesak napas, dan nyeri dada. Jika Anda memiliki gejala ini, silakan hubungi dokter umum Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Covid-19 Virus Corona gejala covid-19 radang tenggorokan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top