Sakit asam urat pada kaki/Istimewa
Health

Kenali Penyebab, Gejala dan Cara Mencegah Asam Urat

Ileny Rizky
Jumat, 25 November 2022 - 19:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Asam urat terjadi akibat produksi metabolisme purin yang berlebihan, pembuangan di ginjal yang berkurang atau kombinasi keduanya. Kondisi ini dapat menyerang seluruh sendi tubuh.

Umumnya, penyakit ini lebih mudah menyerang pria yang telah berumur, dan gejalanya dapat muncul secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat berlangsung dalam beberapa hari atau minggu. Dengan begitu, pastikan Anda memahami apa saja penyebab, gejala dan cara mencegah asam urat.

Simak penyebab asam urat:

1. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan sangat berkaitan erat dengan asam urat. Menurut Healthline, Jumat (25/11/2022), indeks massa tubuh yang tinggi  disebutkan menjadi perkembangan awal timbulnya asam urat. 

2. Alkohol 

Berdasarkan hasil studi disimpulkan bahwa alkohol dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah meningkatkan kadar asam urat .

Mengonsumsi alkohol dalam batas normal dapat memicu risiko serangan asam urat pada pria.  Dalam waktu 24 jam pertama setelah meminum 2 porsi minuman beralkohol, maka dikatakan dapat meningkatkan risiko terkena asam urat hingga 36 persen.

3. Dehidrasi 

Penurunan buang air kecil akibat dehidrasi dapat menjadi pemicu timbulnya asam urat. Dengan demikian, mencukupi kebutuhan cairan menjadi salah satu pengobatan alami bagi penderita asam urat untuk mengurangi gejala yang timbul.

4. Diabetes

Kadar insulin yang tinggi pada penderita diabetes dapat menyebabkan terlalu banyaknya kadar asam urat dalam tubuh. Inilah yang kemudian menjadi pemicu gejala asam urat. 

Melansir Healthline, disebutkan bahwa makanan yang kaya akan purin dapat menyebabkan timbulnya asam urat. Namun, tidak semua makanan yang mengandung purin itu tidak boleh dikonsumsi.

gejala asam urat di kaki
gejala asam urat di kaki

Kenali gejala asam urat pada kaki, seperti pembengkakan sendi./Penn Medicine


Gejala yang Timbul Akibat Asam Urat

1. Kulit berwarna kemerahan

Salah satu ciri yang ditimbulkan ketika tubuh terserang asam urat adalah kulit di sekitar sendi berubah menjadi kemerahan.

Hal ini menjadi reaksi yang umum terjadi ketika tubuh  mengalami peradangan. Sebab, pada saat peradangan terjadi, aliran darah akan meningkat berjalan menuju ke bagian tubuh yang terkena yang disebut dengan vasodilatasi. 

2. Nyeri di bagian persendian

Gejala yang paling sering dijumpai oleh penderita asam urat adalah timbulnya rasa nyeri pada bagian persendian. 

Menurut studi, rasa sakit yang dirasakan ini diakibatkan oleh kadar asam urat di dalam darah yang terlalu tinggi. Inilah yang kemudian akan menimbulkan kristal asam urat. 

Adapun bagian tubuh yang dapat mengalami kondisi nyeri ini adalah lutut, jari tangan, pergelangan kaki, pergelangan tangan , dan siku. 

3. Pembengkakan pada sendi 

Selain kedua tanda di atas, gejala asam urat yang sering dijumpai oleh penderita asam urat adalah terjadinya pembengkakan pada sendi. 

Kondisi ini disebabkan oleh meningkatnya volume cairan pelumas pengiriman (synoval) pada saat bagian pengiriman tersebut terkena asam urat.  

4. Persendian terasa hangat 

Selain memerah hingga nyeri, ketika sendi terserang asam urat, maka rasa hangat pada sendi juga akan muncul.

5. Rasa tidak nyaman pada sendi 

Setelah merasa rasa nyeri, penderita asam urat juga akan merasakan ketidaknyamanan pada sendi.

Kondisi ini umumnya dapat berlangsung selama beberapa hari bahkan hingga berminggu-minggu. Jika suatu saat asam urat kambuh, maka jangka waktunya mungkin akan berlangsung lebih lama dari yang sebelumnya.

6. Timbul benjolan 

Kondisi ini dapat terjadi jika asam urat tidak segera ditangani secara medis. Benjolan yang terdapat pada persendian ini disebut thopi . 

Thopi akan menjadi kronis dan dapat merusak sendi serta jaringan lunak yang berada di sekitarnya. Selain itu, thopi bisa merusak kulit yang mengelilingi persendian.

7. Nyeri punggung atau pinggul

Gejala nyeri sendi akibat asam urat  umumnya terasa di bagian kaki, lebih spesifiknya pada jempol kaki. 

Meskipun demikian, ada pula nyeri akibat asam urat yang muncul di bagian punggung atau pinggul. Kondisi ini dapat terjadi jika penyakit asam urat telah menyebar ke sendi di tulang belakang.

Simak cara mencegah asam urat pada tubuh Anda:

1. Diet

2. Menjaga berat badan ideal

3. Membatasi atau menghindari alkohol

4. Mengurangi atau menghindari makanan tinggi purin, seperti daging merah, jeroan, atau makanan laut

5. Menghindari obat apa pun yang dapat meningkatkan kadar asam urat, seperti diuretik

6. Menerapkan gaya hidup aktif 

7. Rutin berolahraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro