Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Makanan Pantangan Saat Anda Sakit Tenggorokan

Berikut 6 makanan yang harus dihindari ketika Anda sedang sakit tenggorokan agar tidak makin memburuk.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  12:27 WIB
Makanan Pantangan Saat Anda Sakit Tenggorokan
Jus jeruk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sakit tenggorokan adalah saat Anda merasakan sakit, gatal, atau iritasi di tenggorokan dan bisa terasa lebih buruk saat Anda menelan.

Saat cuaca dingin mereda, begitu pula sakit tenggorokan. Sakit tenggorokan itu bisa mengganggu.

Dimana bahkan hanya menelan cairan saja bisa menyakitkan, apalagi makan.

Saat mengalami sakit tenggorokan, ada beberapa makanan yang harus dihindari agar sakit Anda tidak bertambah parah, berikut daftarnya.

1. Snack

Makanan seperti keripik, kerupuk, dan makanan sejenis lainnya mungkin terasa tajam saat ditelan dan menammbah rasa sakit dan iritasi. Tepi bergerigi dari makanan ini bisa menusuk tenggorokan Anda yang sudah sakit sehingga makin sakit.

2. Buah jeruk

Jeruk mengandung vitamin C, yang sangat bagus saat Anda sakit. Namun, jika keasaman buah-buahan segar seperti jeruk, lemon, dan limau meningkatkan rasa geli di tenggorokan saat Anda memakannya, maka sebaiknya dihindari sampai sakit tenggorokan Anda mereda.

Jus, es loli, dan smoothie yang dibuat dengan buah jeruk juga dapat menyebabkan iritasi, jadi tunda sementara jika mengganggu Anda. Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu.

Untuk meredakan sakit tenggorokan dengan jeruk, peras irisan ke dalam teh hangat atau bahkan dengan air hangat dan madu. Anda juga bisa beralih ke makanan lain dengan vitamin C yang lebih lembut.

3. Makanan asam

Sama seperti buah jeruk, makanan asam seperti saus tomat bisa mengiritasi tenggorokan Anda. Jika ya, hindari sementara sampai rasa sakit Anda mereda.

4. Makanan pedas

Bagi sebagian orang, ketika sakit tenggorokan mereka perlu menghindari saus pedas atau sriracha. Jenis makanan ini mungkin mengiritasi area di tenggorokan yang meradang atau semakin mengiritasi tenggorokan.

5. Sayuran mentah dan keras

Batang wortel dan seledri memang sehat, tetapi teksturnya yang keras bisa membuat tenggorokan teriritasi. Maka pilihlah sayuran yang dimasak atau bahkan sayuran yang dihaluskan seperti kentang tumbuk.

6. Gorengan 

Meskipun ayam goreng dan onion ring mungkin enak dimakan saat Anda sakit, lapisan kasarnya bisa mengiritasi sakit tenggorokan Anda. Hindari sampai gejala Anda mereda dan ingatlah untuk memilih makanan yang digoreng dalam jumlah kecil karena itu bukan pilihan yang paling sehat, terutama saat Anda sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

radang tenggorokan jeruk bubur pedas makanan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top