Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu Overthinking? Ini Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

Overthinking adalah kondisi saat seseorang terlalu memikirkan suatu hal. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  09:38 WIB
Apa Itu Overthinking? Ini Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya
Overthinking_ Definisi, Ciri, dan Cara Mengatasinya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Overthinking adalah salah satu kata yang saat ini sedang gencar menjadi pembahasan anak muda masa kini.

Seseorang yang mengalami overthinking kerap kali menghambat dirinya sendiri dalam menyelesaikan masalah. Bahkan seringkali banyak orang yang juga tidak menyadari pada saat dirinya sedang mengalami overthinking.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar arti overthinking dan cara mengatasinya. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Apa itu overthinking? 

Overthinking artinya suatu momen pada saat seseorang merasa tenggelam dalam pikirannya dan dalam pikirannya tersebut menghasilkan kecemasan dan kekhawatiran pada diri sendiri. 

Tanpa disadari overthinking ini sangat menguras tenaga dan juga waktu sehingga cenderung tidak dalam kondisi produktif. 

Kecemasan dan juga kekhawatiran yang ada pada pikiran penderita overthinking ini juga menjadi salah satu pendorong munculnya gejala psikologis serius. Biasanya penyebab overthinking ini salah satunya karena kecemasan yang tinggi dan juga tingkat stres yang tinggi.

Ciri-ciri overthinking

Perasaan overthinking bisa diketahui lewat beberapa ciri, seperti berikut. 

1. Kesulitan Untuk Tidur

Pada saat seseorang mengalami overthinking maka pikiran dan juga otak mereka terus memaksa untuk berpikir dan juga berasumsi negatif. Tentu saja hal ini membuat kinerja otak akan sulit istirahat. Hal ini juga dapat memunculkan perasaan gelisah dan takut yang membuat orang kesulitan untuk tidur.

2. Terus Merasa Lelah

Akibat overthinking yang dirasakan selanjutnya yaitu seseorang terus merasa bahwa dirinya lelah. Tentu saja hal ini terjadi karena pikiran gelisah yang menyita tenaga dan waktu yang dimiliki. Pada saat seseorang berpikir berlebihan hal ini bisa menjadikan stres dan tubuh akan kelelahan.

3. Takut Menghadapi Masa Depan

Dampak overthinking selanjutnya yaitu seseorang cenderung merasa takut menghadapi masa depan. Biasanya orang yang seperti ini bukan merasa senang atas apa yang telah dicapainya selama ini tetapi khawatir dengan bagaimana caranya untuk menghadapi masa depan.

4. Tidak Percaya Diri

Salah satu ciri dari overthinking yaitu cenderung tidak percaya diri terutama dengan penilaian diri sendiri. 

Bagi Anda yang mengalami overthinking tentu merasa perlu untuk membuat orang lain menilai suatu hal pada diri Anda seperti contohnya gaya berbicara ataupun gaya berpakaian. 

Seseorang yang overthinking selalu tidak percaya dengan penilaian dirinya sendiri sehingga selalu meminta pendapat orang lain.

5. Merasa Sakit Secara Fisik

Bagi mereka yang mengalami overthinking bahkan bisa juga sakit secara fisik. Tidak hanya batin atau pikiran mereka yang merasa sakit tetapi juga bisa merasakan sakit di bagian punggung ataupun kepala karena overthinking tersebut. Tentu saja hal ini bisa terjadi karena kelelahan, kurang tidur, dan lain sebagainya

Cara Mengatasi Overthinking

Contoh overthinking sudah sering dialami banyak orang. Sebaiknya overthinking diatasi dengan baik. Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengurangi overthinking. Berikut penjelasannya.

1. Kata-Kata Positif Untuk Diri Sendiri

Cara menghilangkan overthinking yang pertama yaitu mengucapkan kata-kata positif untuk diri Anda sendiri. Kata-kata positif bagi diri sendiri ini diduga cukup ampuh untuk bisa mengatasi overthinking pada diri Anda. 

2. Beristirahat

Cara agar tidak overthinking selanjutnya yaitu dengan beristirahat. Istirahat jadi poin yang sangat penting untuk dapat mengurangi kecemasan. Anda harus mengistirahatkan pikiran dan juga raga tanpa perlu memikirkan hal-hal yang membuat khawatir dan takut. 

Bagi Anda yang ingin mengatasi overthinking ini Anda harus tidur sebentar dan mampu mengistirahatkan pikiran.

Overthinking ini bisa memiliki dampak yang cukup serius untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu stress bahkan hingga depresi. 

Itulah tadi beberapa penjelasan terkait dengan overthinking termasuk arti overthinking, ciri-ciri, hingga cara untuk mengatasinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Overthinking kesehatan kesehatan mental percaya diri positif
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top