Mengenal Ekstrovert, Kepribadian Terbuka yang Mudah Bergaul - Unsplash
Relationship

Mengenal Ekstrovert, Kepribadian Terbuka yang Mudah Bergaul

Nuraini
Senin, 5 Desember 2022 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang memiliki karakter, sifat, dan kepribadian yang berbeda-beda. Salah satu jenis kepribadian yaitu kita kenal yaitu ekstrovert.

Perlu diketahui bahwa ekstrovert adalah kepribadian yang cenderung memilih untuk menikmati ruang bebas dan suka bergaul serta berbicara dengan orang disekitarnya.

Ekstrovert merupakan sifat yang dikenal terbuka dan turut aktif dalam situasi sosial di sekitarnya. Setelah mengetahui apa itu ekstrovert, perlu juga diketahui ciri-ciri hingga kekurangan dan kelebihan kepribadian ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Ciri-Ciri Ekstrovert

Setiap kepribadian memiliki ciri khusus yang membuatnya mudah dikenali. Berikut ini 6 ciri ciri ekstrovert yang perlu diketahui.

1. Menyukai Keramaian Dan Banyak Teman

Mereka yang ekstrovert lebih suka dengan keramaian dan membuatnya memiliki lebih banyak teman jika dibandingkan dengan kepribadian introvert.

2. Suka Berbicara

Kepribadian ekstrovert cenderung lebih suka berbicara bahkan dengan orang yang asing sebelumnya. Lebih mudah menyesuaikan diri karena kemampuannya dalam berkomunikasi. 

3. Aktif Dalam Mengikuti Kegiatan Sosial

Orang yang ekstrovert cenderung senang jika mengikuti kegiatan diluar, mendapatkan hal baru, dan saling berkomunikasi. 

4. Memiliki Rasa Percaya Diri Tinggi

Kepribadian ini memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kepribadian introvert. Mereka jauh lebih sering berkecimpung dengan banyak orang atau dengan dunia sosial di luar sana. Tak heran hal ini membuatnya lebih percaya diri.  

Kepribadian ini seringkali dikaitkan dengan keterampilan dalam berkomunikasi, keinginan dan ambisi yang besar serta lebih banyak berbicara. 

Kelebihan Kepribadian Ekstrovert

Setelah mengetahui ciri dari kepribadian ekstrovert ada juga kelebihan ekstrovert yaitu sebagai berikut.

1. Lebih Berpikiran Terbuka

Kelebihan dari kepribadian ekstrovert ini yaitu memiliki pikiran yang lebih terbuka untuk bisa saling bertukar pikiran dan pendapat. Seseorang dengan kepribadian ekstrovert ini tidak pernah kehabisan topik pembicaraan.

2. Menghibur Orang Lain

Seseorang dengan kepribadian ekstrovert ini memiliki kemampuan untuk menghibur orang lain. Hal tersebut bukan sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Bahkan terkadang untuk mereka yang ekstrovert sangat kreatif dalam mengembangkan lelucon untuk menghibur orang lain. 

3. Memiliki Pertemanan yang Luas

Seseorang yang ekstrovert cenderung memiliki pertemanan yang lebih luas. Sifat ekstrovert yang dimilikinya membantu untuk lebih mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang meskipun yang baru dikenal.

Kelemahan Ekstrovert

Selain memiliki kelebihan, jenis kepribadian ekstrovert juga memiliki kelemahan diantaranya sebagai berikut.

1. Ingin Selalu Mendapat Pujian

Kelemahan pertama yang dimiliki oleh seseorang dengan kepribadian ekstrovert yaitu selalu ingin mendapatkan pujian. Mereka lebih suka dipuji di depan umum karena merasa jauh lebih dihargai. Meskipun banyak yang menganggapnya ‘pamer’ tetapi hal ini merupakan sesuatu yang membanggakan.

2. Lebih Sulit dalam Menjaga Lisan

Seseorang dengan kepribadian ini lebih sulit menjaga lisan atau perkataannya. Mereka akan terus berbicara baik itu tentang kebaikan atau keburukan. Hanya saja memang ucapan atau perkataannya seringkali secara tidak sadar menjadi masalah besar.

3. Lebih Cepat Bosan

Kepribadian ini suka akan hal baru tetapi di sisi yang lain mereka juga akan mudah bosan dengan hal tersebut. Seseorang yang memiliki kepribadian ini cenderung mencari hal yang baru atau tantangan baru.

4. Suka Melebih-lebihkan Cerita

Bagi yang memiliki kepribadian ekstrovert ini mereka mungkin memiliki peluang untuk melebih-lebihkan cerita. Terkadang mereka ingin menang sendiri dan egois terhadap suatu hal.

Perbedaan Ekstrovert dan Introvert 

Selain ekstrovert, ada juga jenis kepribadian lain yaitu introvert. Kepribadian introvert berkebalikan dengan ekstrovert. Perbedaan Introvert dan ekstrovert cukup mudah untuk diketahui. 

Salah satunya yaitu dari kepribadian introvert yang cenderung lebih tertutup dan kurang menyukai bergaul dan berbicara dengan sekitar. Sedangkan kepribadian ekstrovert cenderung terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain, termasuk orang yang baru dikenal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro