7 Wisata Tegal yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang (instagram.com_infotegal)
Travel

Ini 7 Wisata Tegal yang Bisa Dikunjungi Saat Libur Panjang

Nuraini
Rabu, 7 Desember 2022 - 15:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tegal adalah salah satu wilayah di Provinsi Jawa Tengah yang bisa menjadi destinasi wisata saat libur panjang. Terdapat beberapa wisata Tegal yang menarik untuk dikunjungi.

Lalu, apa saja tempat wisata yang ada di Tegal? Berikut beberapa rekomendasi yang bisa menjadi referensi untuk Anda.

1. Objek Wisata Guci

Salah satu tempat wisata populer di Tegal yaitu Objek Wisata Guci. Tempat wisata ini berada di Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal.

Di tempat ini, Anda akan menjumpai pemandian air panas. Sementara itu, udara di tempat ini sangat sejuk karena terletak di lereng Gunung Slamet.

Selain berendam di air hangat, Anda juga bisa mencoba beberapa permainan menarik lainnya atau sekadar menikmati sate kelinci. Tak hanya itu, pemandangan sekitar Guci sangat indah dengan pepohonan hijau yang menyejukkan mata.

2. Pantai Alam Indah

Tempat wisata di Tegal lainnya yaitu Pantai Alam Indah atau PAI. Lokasi pantai ini berada di Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal.

Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan pantai dengan udara yang cukup hangat. Salah satu hal yang menarik dari pantai ini yaitu dermaga apung yang sering menjadi spot foto. Sembari menikmati pemandangan alam, Anda bisa menikmati kuliner yang dijual di sekitar pantai.

3. Pantai Purwahamba Indah

Selain PAI, ada juga pantai lain di Tegal yang dikenal dengan nama Pantai Purwahamba Indah atau Pur In. Tempat wisata Tegal ini berada di Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal.

Di tempat ini, Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai utara. Selain itu, ada juga arena bermain anak, tempat makan, kebun binatang mini, dan lain beragam fasilitas wisata lainnya.

4. Waduk Cacaban

Ketika berkunjung ke Tegal, jangan lupa untuk mampir ke Waduk Cacaban. Tempat wisata Tegal ini beradal di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal.

Waduk Cacaban termasuk tempat wisata legendaris karena sudah dibangun sejak tahun 1952. Di awal pandemi, tempat wisata ini direnovasi dan baru beberapa bulan lalu kembali dibuka. Kini, Waduk Cacaban semakin indah dengan berbagai fasilitas yang bisa dinikmati wisatawan.

5. Museum Semedo

Selain mengunjungi wisata alam, Anda juga bisa menikmati wisata edukasi saat berada di Tegal. Salah satu wisata edukasi yang ada di Tegal yaitu Situs Manusia Purba Semedo.

Lokasi wisata ini berada di Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Tegal. Sebenarnya situs manusia purba ini sudah dibangun beberapa tahun lalu. Akan tetapi, museum ini baru dibuka untuk umum pada 12 Oktober 2022, sehingga bisa dikatakan bahwa Museum Semedo termasuk tempat wisata Tegal terbaru.

6. Wisata Kesehatan Jamu

Wisata edukasi lainnya yang ada di Tegal yaitu WKJ atau Wisata Kesehatan Jamu. Wisata Tegal ini berada di Jl Kalibakung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa mengenal berbagai tanaman jamu.

7. Rumah Wayang

Tempat wisata Tegal lainnya yaitu Rumah Wayang. Di tempat ini Anda bisa melihat koleksi wayang, lukisan, musik tradisional, dan barang-barang kebudayaan Jawa Lainnya.

Rumah Wayang merupakan gagasan dari Ki Enthus Susmono yang merupakan dalang ternama sekaligus Bupati Tegal pada waktu itu. Lokasinya berada di Desa Bengle, Kabupaten Tegal.

Itulah beberapa destinasi wisata Tegal yang menarik untuk dikunjungi. Selain mengunjungi tempat wisata yang sudah disebutkan, Anda juga dapat mencicipi kuliner khas Tegal seperti soto tauco, sate kambing muda, dan makanan lezat lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro