Wisata Kebumen di Bukit Pentulu Indah Karangsambung
Travel

Simak 7 Rekomendasi Wisata Kebumen, Cocok Buat Pencinta Alam

Hana Fathina
Jumat, 9 Desember 2022 - 14:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebumen merupakan sebuah Kabupaten di Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi, sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui keindahan dan tempat keren yang ada di Kebumen ini. 

Wisata Kebumen memiliki banyak spot keren, mulai dari situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, pantai yang indah hingga air terjun yang sangat memanjakan mata dan tentunya bisa melepas penat kamu yang sudah Lelah bekerja. 

Berikut ini adalah beberapa wisata Kebumen yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Pantai Surumanis

Tempat ini memiliki pemandangan perbukitan, batu karang dan laut indah dengan ombak yang tenang. Warna batu karangnya ada yang coklat dan hitam sehingga menjadikan pantai ini bagus untuk spot foto. 

2. Bukit Pentulu Indah Karangsambung

Tempat wisata ini ada legendanya, dimana dulu disebutkan asal Kawasan ini terbentuk karena air laut yang surut selama berjuta-juta tahun. BPI Karangsembung ini memiliki pemandangan yang membuat pikiran menjadi tenang. Tempatnya benar-benar tenang ditambah dengan udara yang segar.

3. Wisata Alam Jembangan

Jembangan termasuk objek wisata yang saat ini juga sedang hits di Kebumen. Di tempat ini kamu bisa foto-foto di atas jembatan. Untuk fasilitasnya ada tempat duduk di pinggir kolam Jembangan. Di tempat ini juga disediakan sepeda air, perahu hingga kebun binatang mini. 

4. Curug Silancur

Curug ini berada di ketinggian 25 meter dan memiliki jalan berbatu dipenuhi rumput liar. Jalan yang hanya bisa dilewati satu orang memerlukan perhatian ekstra agar tidak tergelincir. Curug ini memiliki keunikan tersendiri dibandingkan yang lain. 

Jika air terjun memiliki penampung air, curug ini airnya jatuh menghantam batu besar dan menghasilkan percikan air. Jika matahari bersinar cerah akan terlihat Pelangi pada percikan air yang terbawa angin.

5. Goa Jatijajar

Di goa ini sudah dibangun jalan setapak untuk memudahkan pengunjung Ketika masuk ke Goa Jatijajar ini. banyak bebatuan tinggi dan ornamen alam di dalam goa tersebut. Selain itu terdapat pagar pembatas sehingga wisatawan tidak perlu takut jika salah jalan. Wisatawan bisa menikmati waktu istirahat mereka dengan menikmati keindahan alam yang ada di dalam goa tersebut sambil menikmati keasrian dan kesejukan udara yang ada disana. 

6. Cagar Alam Geologi Karangsambung

Cagar alam ini dikelola oleh Balai Informasi dan Konservasi Kebumian LIPI. Fungsi utama cagar alam ini sebagai pelindung kelestarian geologi dan manfaat lain di bidang ilmu pengetahuan dan Pendidikan. Mahasiswa dan perguruan tinggi datang kesini untuk melakukan penelitian ataupun kuliah lapangan. 

Tidak hanya itu, cagar alam ini juga dikunjungi masyarakat umum untuk berwisata. Cagar alam ini memiliki 32 situs geologi di dalamnya. Situs geologi ini bisa berdasarkan letak geografisnya 120 juta tahun lalu. 

7. Arung Jeram Padegolan

Destinasi wisata ini banyak melibatkan kekuatan fisik dan mental karena wisatawan harus bisa menahan perahu karet mereka di arus sungai. Meskipun begitu, aktivitas tersebut seru dilakukan sehingga dapat dijadikan pengalaman. 

Arung Jeram disini memiliki 2 rute yaitu landai dan menantang. Wisatawan bisa memilih variasi tersebut sesuai dengan kemampuan mereka. Bermain arung jeram sangat cocok  dilakukan Ketika cuaca panas karena air sungai sangat jernih dan menyegarkan. 

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata kebumen yang harus kamu kunjungi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro