Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Deretan Menteri yang Ikut Menyirami Kaesang di Prosesi Siraman, Ada Luhut

Dari Mahfud MD hingga Luhut Binsar Pandjaitan ikut menyirami Kaesang di prosesi siraman jelang pernikahan
Wahyu Prakoso
Wahyu Prakoso - Bisnis.com 09 Desember 2022  |  11:21 WIB
Deretan Menteri yang Ikut Menyirami Kaesang di Prosesi Siraman, Ada Luhut
Pasangan Kaesang Pangerap dan Erina Gudono - instagram
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah menteri ikut menyirami Kaesang Pangarep di prosesi siraman jelang pernikahannya di kediaman Presiden Jokowi, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022).

Menurut susunan acara yang diterima Solopos.com, ada tujuh pasangan yang melakukan siraman kepada calon manten Kaesang yang merupakan keluarga Presiden Jokowi serta menteri, yakni Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md bersama istri.

Selanjutnya ada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan beserta istri, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bersama suami; Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto bersama istri.

Kemudian dari keluarga ada Idong Setyo Husodo bersama atas nama istri; Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda; Muhammad Bobby Afif Nasution bersama Kahiyang Ayu; dan Jokowi serta istri.

Adapun tiga pembawa acara tradisi siraman calon manten lanang, masing-masing Umiyatsih bertugas pada awal prosesi, Taufik M. Widodo bertugas pada acara inti siraman, dan Sari Nugroho Jati pada ramah tamah.

Wartawan hanya bisa melihat proses awal berupa melengkapi tuwuhan berupa pisang di kanan dan kiri pintu masuk rumah oleh Presiden Jokowi dengan Ibu Negara iriana Jokowi. Prosesi selanjutnya memasang bleketepe. Selanjutnya prosesi inti dilakukan tertutup untuk keluarga serta kerabat dekat Presiden.

Taufik menjelaskan Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana Jokowi menjadi pasangan yang menyiram paling akhir. Perbedaan siraman calon manten putri dilakukan oleh tujuh perempuan. Siraman calon manten lanang dilakukan oleh pasangan.

“Habis nyiram kasih air wudu dari kendi, Mas Kaesang wudu. Habis itu kendi dipecah. Maknanya mecah nalaring anak,” kata dia kepada Solopos.com.

Sebelumnya, Cucu Presiden Jokowi, Sedah Mirah Nasution, sempat menyapa wartawan sebelum tradisi siraman calon manten Kaesang Pangarep dimulai di kediaman Presiden Jokowi.

Pantauan Solopos.com, Sedah mengenakain pakaian kebaya dengan jarit. Dia melambaikan tangan di hadapan wartawan. Selanjutnya dia masuk ke ruangan untuk tradisi siraman calon manten Kaesang.

Sedah merupakan anak pertama dari Kahiyang Ayu dan Muhammad Bobby Afif Nasution. Keluarga Jokowi tampak mengenakan pakaian kebaya serta beskap dengan warna merah jambu.

Kondisi lalu lintas Jl Letjen Suprapto, Solo sekitar pukul 07.00 WIB, lancar meskipun ada kegiatan tradisi siraman di kediaman Presiden Jokowi di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jumat (9/12/2022) pagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kaesang Luhut Pandjaitan mahfud md

Sumber : Solopos

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top