Dorce Gamalama saat berbincang di kawasan Kemang, Jakarta, Sabtu (6/10/2018). (ANTARA News/Yogi Rachman) (ANTARA News/Yogi Rachman/)
Entertainment

Kaleidoskop 2022: Deretan Selebriti Tanah Air Tutup Usia, dari Pelawak hingga Musisi

Arlina Laras
Senin, 12 Desember 2022 - 21:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kabar meninggalnya Ki Ageng Ranggasasana alias Lord Rangga yang meninggal pada Rabu 7 Desember 2022, telah menambah daftar berita duka yang mewarnai dunia hiburan Indonesia.

Tak hanya Lord Rangga, pasalnya sepanjang 2022, ada sejumlah nama artis senior telah meninggal. Beberapa dari mereka meninggal dunia akibat Covid-19 dan ada pula yang meninggal karena hal lainnya. Berikut ulasan singkatnya.

1. Nindy Ellesse

Penyanyi senior Nindy Ellesse meninggal dunia setelah berjuang melawan kanker payudara pada 3 Januari 2022. Pelantun lagu "Gelora Cinta" tersebut meninggal di usia 54 tahun.

2. Dorce Gamalama

Kepergian Dorce Gamalama di usia 58 tahun lantaran terinfeksi Covid-19 sangat mengejutkan publik. Adapun, sosoknya bukan hanya sekadar wara-wiri di layar kaca, tapi berbagai prestasi pun berhasil diraih oleh Dorce. Dia pernah mencatatkan namanya dalam rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) lantaran berhasil meluncurkan sembilan album sekaligus hanya dalam waktu lima bulan sejak November 2005 hingga Maret 2006.

3. Lucky Andreono

Juara MasterChef Indonesia season 1, Lucky Andreono meninggal dunia pada akhir Maret 2022, dikabarkan dirinya menderita penyakit komplikasi sebelum meninggal dunia.

4. Mieke Wijaya

Mieke Wijaya meninggal dunia pada 3 Mei 2022 di usia 82 tahun. Diketahui, kepergian aktris senior tersebut lantaran diabetes dan kanker yang dideritanya.

5. Rima Melati

Tak lama setelah Mieke Wijaya, Rima Melati yang juga dikenal sebagai salah satu aktris senior kebanggaan Tanah Air juga meninggal dunia. Rima Melati yang wafat di usia 84 tahun diketahui memiliki penyakit ulkus decubitus, cedera pada kulit dan jaringan di bawahnya akibat tekanan berkepanjangan pada kulit.

6. Donny Suhendra

Donny Suhendra meninggal dunia pada 19 Juni 2022 dikarenakan penyakit asma, dan telah dirawat di Rumah Sakit selama dua minggu, tak lama usai konser nya bersama Syaharani & the Queenfireworks di Jombang.

7. Rini S Bon Bon

Rini yang merupakan pelawak senior meninggal dunia pada Minggu (10/7/2022) akibat penyakit diabetes mellitus tipe 2 dan dikabarkan akan dimakamkan di TPU Kawi Kawi, Jakarta Pusat pada 17 Juli 2022. Hingga akhirnya Rini sempat vakum di dunia hiburan akibat penyakit diabetes yang dialaminya pada 1996 dan menggerogoti tubuhnya hingga membuat tubuh gempal nya tersebut turun sampai puluhan kilogram hingga membuat Rini harus kehilangan salah satu kaki kirinya.

8. Bob Tutupoly

Penyanyi legendaris Bob Tutupoly meninggal dunia pada Selasa 5 Juli 2022 di usia 82 tahun setelah sakit akibat stroke sejak lama. Pria bernama asli Bobby Willem Tutupoly kemudian ini melesat ke puncak popularitas setelah sejumlah lagunya meledak di pasaran seperti Lidah Tak Bertulang, Tiada Maaf Bagimu, dan Tinggi Gunung Seribu Janji.

9. Eddy Gombloh

Komedian lawas Eddy Gombloh meninggal dunia pada Kamis (4/8). Dia kerap bermain film bersama Benyamin Sueb. Kondisi Eddy Gombloh memburuk setelah positif Covid-19, kemudian dinyatakan meninggal dunia pada 4 Agustus 2022.

10. Reza Gunawan

Reza Gunawan, seorang pakar penyembuhan holistic sekaligus suami penyanyi dan novelis Dewi Lestari, meninggal dunia pada Selasa, 6 Agustus 2022, usai 5 pekan melakukan perawatan di rumah sakit akibat stroke perdarahan

11. Cak Sapari

Seniman ludruk legendaris Surabaya dan Jawa Timur, Sapari Suhendra atau yang akrab disapa Cak Sapari yang sempat turut andil dalam pembuatan film Bayu Skak berjudul Lara Ati. meninggal dunia pada 15 September 2022 di usia ke-74 tahun. Sebelum berpulang, Cak Sapari harus berjuang melawan sakit diabetes dan harus berkali-kali dirawat di RSUD dr. Mohamad Soewandhie, Surabaya.

12. Clerence Chyntia Audry

Bintang FTV Clerence Chyntia Audry menjadi artis Indonesia termuda yang meninggal dunia di 2022. Baru 28 tahun, istri Rio NOAH tersebut meninggal setelah melawan penyakit kanker yang dideritanya.

13. Rudy Salam

Dunia akting pun baru kehilangan aktor senior kawakan Rudy Salam pada 18 November 2022 di usia 73 tahun. Kakak Roy Marten itu ternyata menderita vertigo sehingga tidak bisa banyak bergerak selama 3 tahun terakhir.

14. Lord Rangga

Terakhir ada Lord Rangga yang meninggal dunia pada 7 Desember 2022. Sebelum meninggal dunia, Lord Rangga dilarikan ke rumah sakit akibat terlalu capek. Meski sempat masuk penjara atas pernyataan kontroversialnya, Lord Rangga begitu dicintai di akhir hayatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro