Desain interior
Relationship

Ini 4 Ciri Khas Desain Interior Japanese Scandinavian

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 14 Desember 2022 - 18:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu desain interior rumah yang diminati saat ini yakni desain Japanese Scandinavian (Japandi).

Konsep desain interior ini mengangkat nuansa natural yang sangat cocok diterapkan pada hunian mungil.

Pengaplikasian warna-warna lembut nan cerah ampuh membuat ruangan terasa lebih lapang dan homey, seperti pada desain interior rumah 3 kamar tidur ini.

Selain permainan warna, dihadirkan pula berbagai unsur alam melalui furniture dan dekorasi. Mulai dari meja dan kabinet kayu, keranjang rotan, lantai vinyl kayu, hingga tanaman hias dalam pot. Suasana rumah jadi semakin alami dan membawa ketenangan bagi penghuninya. 

Berikut beberapa ciri khas desain interior Japanese Scandinavian (Japandi) dikutip dari laman resmi Dekoruma.

1. Area Higienis
Meskipun semua aktivitas baru sudah bisa dilakukan di rumah, tapi ada saat-saat tertentu di mana kamu tidak bisa menghindari kegiatan di luar rumah, misalnya saja untuk membeli kebutuhan yang tidak dijual secara online atau mungkin karena kebijakan perusahaan yang mengharuskan kamu kerja di kantor. Melihat kondisi tersebut, desain rumah japandi modern hadir untuk mendukung setiap aktivitasmu.

Desain rumah japandi modern ini memanfaatkan foyer atau ruang depan antara pintu masuk dengan bagian dalam rumah sebagai area yang higienis. Foyer ini dilengkapi dengan lemari custom built in dari material kayu yang bisa kamu gunakan untuk menyimpan jaket, helm, atau sepatu setelah digunakan dari luar rumah. Untuk menyimpan kunci motor, kunci mobil, dan sebagainya bisa kamu letakkan di dalam laci.

Selain itu, di samping lemari ada juga cermin dan storage untuk menyimpan semua kebutuhan perlindungan diri, seperti masker, tisu, hand sanitizer, atau disinfektan. Tak lupa, foyer pada desain rumah japandi modern ini juga menggunakan partisi kayu yang membuat area tersebut tidak hanya fungsional, tapi juga terlihat dekoratif.

2. Ruang Serbaguna
Tidak punya banyak ruang di dalam rumah untuk melakukan berbagai aktivitas? Tenang, dengan desain rumah japandi modern, kamu bisa memanfaatkan satu ruangan untuk beragam aktivitas, lho! Ruangan serbaguna yang digunakan adalah ruang tamu, di mana kamu bisa menjadikannya sebagai ruang olahraga, ruang bermain, atau ruang menonton.

Untuk memaksimalkan fungsi ruang tamu pada desain rumah japandi modern ini, gunakanlah aneka furniture multifungsi yang mudah dipindahkan, seperti inspirasi di atas. Saat ingin mengubah ruang tamu menjadi area bermain untuk si Kecil, kamu hanya perlu memindahkan coffee table dan kursi stool ke bawah ambalan dinding kayu. Begitu juga saat kamu ingin berolahraga.

Tak hanya itu, desain rumah japandi modern ini juga mengusung konsep open space, di mana ruang tamunya menyatu dengan ruang makan. Melalui konsep tersebut, cahaya akan lebih mudah masuk dan desain rumah japandi modern ini pun jadi terlihat lebih lapang.

3. Area Dapur
Setelah mengisolasi diri di rumah selama berbulan-bulan, hampir semua orang berusaha mengeksplor hobi baru untuk menghilangkan rasa jenuhnya. Salah satu kegiatan yang paling digemari adalah memasak, tak terkecuali untuk orang-orang yang tidak bisa masak sebelumnya. Apalagi, saat ini ada banyak sekali menu makanan yang tiba-tiba menjadi tren dan mendorong semua orang untuk coba membuatnya. Apakah itu termasuk kamu?

Nah, untuk memaksimalkan hobi barumu itu, kamu bisa memperbaharui tampilan dapur jadi lebih menarik dengan menggunakan kitchen set bernuansa hangat dan perabotan dapur yang lengkap, seperti pada desain rumah japandi modern ini. Untuk backsplash-nya, dapur ini menggunakan motif marmer warna putih yang membuat desain rumah japandi modern jadi lebih elegan, apalagi dengan tambahan lampu indirect di sekeliling backsplash dan sentuhan warna emas pada kran air dan juga handle pintu kabinet.

Selain itu, kamu bisa menambahkan meja dan kursi bar untuk menikmati langsung masakan yang kamu buat. Supaya tetap serasi, meja bar juga dibalut dengan motif marmer putih. Dengan demikian, kegiatan memasak di dalam rumah japandi modern pasti akan lebih menyenangkan.

4. Area Kerja 

Luas hunian tidak memungkinkan kamu memiliki ruang kerja pribadi? Jangan khawatir karena desain rumah japandi modern bisa jadi solusi yang tepat untukmu. Kamu bisa memanfaatkan setiap sudut ruangan yang tersisa menjadi area kerja pribadi yang nyaman, seperti inspirasi di atas. Meskipun tidak terlalu besar, tapi area kerja pada desain rumah japandi modern ini tetap bisa memenuhi semua kebutuhan kerjamu, mulai dari meja dan kursi kerja yang ergonomis, lemari arsip untuk menyimpan aneka dokumen penting, hingga dekorasi berupa karpet dan tanaman hias yang membuat suasana kerja jadi lebih nyaman.

Posisi duduk pada area kerja ini diarahkan menghadap ke dinding tangga supaya fokusmu tidak terganggu saat orang-orang di rumah berlalu lalang. Selain itu, area kerja pada desain rumah japandi modern ini juga dibatasi oleh partisi ruangan kecil yang terbuat dari material kayu sehingga hunian jadi terkesan lebih hangat dan cozy. Dengan area kerja yang nyaman, pasti kamu akan lebih produktif dan malah betah berlama-lama.

Narendra Pryottama, Head of Brand & Communication Dekoruma menyampaikan, di akhir tahun 2022 yang disertai dengan suasana liburan penuh kebahagiaan, Dekoruma menghadirkan Super Year-End Sale pada 21 November - 23 Desember yang menawarkan diskon hingga 60% untuk produk furnitur pilihan.

"Pada kesempatan ini, kami kembali menghadirkan cara terbaik untuk menyambut akhir tahun dan musim liburan dengan mengajak keluarga Indonesia untuk merasakan enaknya berbagi momen bersama Dekoruma. Untuk itu, Dekoruma ingin memberikan pengalaman #EnaknyaAdaDekoruma dan mengapresiasi pelanggan setia Dekoruma dengan menghadirkan momen sale terbesar Dekoruma pada akhir tahun di Super Year-End Sale 2022," ujarnya.

Dia memaparkan furnitur yang ditawarkan mulai dari isi dapur hingga kamar tidur serta jasa desain interior.

Adapun diskonnya hingga 60% untuk furnitur best-seller dan 70% untuk koleksi aksesoris rumah.

"Dekoruma juga memberikan promo lainnya, seperti voucher tambahan hingga Rp2 juta, Flash Sale di seluruh showroom Dekoruma setiap weekend dan diskon hingga 50% di aplikasi setiap Senin - Jumat," tambahnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro