Ilustrasi ibu dan anak remaja/istimewa
Relationship

Unik, Ini Tradisi Merayakan Hari Ibu 22 Desember di Berbagai Negara

Ileny Rizky
Selasa, 20 Desember 2022 - 19:36
Bagikan

Meksiko, Jepang, Prancis, Peru, Thailand, dan Swedia

6. Meksiko

Perayaan hari Ibu di Meksiko diresmikan pada tahun 1922. Hari ibu diperingati di setiap tanggal 10 Mei. Dalam merayakan momen ini, warga Meksiko akan membangunkan ibu mereka dengan lagu, menghujaninya dengan hadiah, dan duduk untuk menggelar pesta keluarga besar.

7. Jepang

Jepang memperingati hari Ibu di minggu kedua bulan Mei. Pada saat itu, bunga anyelir akan merekah. Warga Jepang mengartikan bunga anyelir sebagai simbol kekuatan yang lembut, simbol ini diyakini sesuai dengan karakter Ibu.

Selain itu, mereka juga akan menggelar pentas seni yang melibatkan orang tua dan anak-anak. Kemudian sang anak akan menceritakan bagaimana sosok Ibunya di depan kelas.

8. Prancis

Warga Perancis meyakini bahwa Napoleon Bonaparte yang pertama kali mengusulkan perayaan yang setara dengan hari Ibu (La Fête des Mères) pada tahun 1806, sebagai cara untuk mendorong para ibu agar memiliki lebih banyak anak. 

Kemudian pada tahun 1920, pemerintah Prancis mulai membagikan penghargaan kepada wanita yang berhasil membesarkan beberapa anak.

Selain itu, tentara Amerika yang sempat ditempatkan di Prancis pada Perang Dunia I, mereka membantu membawa banyak tradisi Hari Ibu dari Amerika Serikat. Misalnya mereka melakukan tradisi memberi bunga, kartu, dan hadiah ke negara Eropa, yang merayakan liburannya pada hari Minggu terakhir bulan Mei atau hari Minggu pertama pada bulan Juni.

Kemudian warga Prancis sering merayakan hari Ibu dengan menyiapkan makanan mewah atau memesan  restoran di beberapa minggu sebelum  merayakan hari Ibu.

9. Peru

Peru merayakan Hari Ibu pada hari Minggu kedua di bulan Mei. Negara ini sangat antusias dengan hari libur yang khusus diberikan untuk memperingati hari Ibu. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, perayaan hari Ibu dilakukan dengan menggelar festival  yang diselenggarakan selama seminggu. 

Beberapa kota juga akan mengadakan acara perayaan hari Ibu dan toko-toko akan menawarkan diskon spesial selama seminggu menjelang hari Ibu.

10. Thailand

Thailand pertama kali meresmikan hari libur dalam peringatan hari Ibu pada tahun 1950. Pada tahun 1976, negara tersebut menjadikan 12 Agustus sebagai tanggal resmi Hari Ibu, untuk menghormati ulang tahun Ratu Sirikit.

Warga Thailand merayakan momen istimewa ini dengan memberikan persembahan, seperti makanan kepada biksu Budha, dan dengan menghadiri program di sekolah anak-anak.

Kegiatan ini akan dilakukan dengan benar kegiatan seperti pembacaan puisi dan lagu dan anak-anak Thailand akan berlutut di kaki ibu mereka sebagai tanda hormat yang emosional. Hari Ibu di Thailand juga dirayakan dengan menyiapkan hadiah dan makanan spesial.

11. Swedia

Dalam perayaan Hari Ibu, anak-anak Swedia akan membuat sarapan sendiri yang ditaruh di tempat tidur yang disertakan dengan kartu ucapan.

Selain itu, warga Swedia juga akan mengumpulkan uang dengan menjual bunga plastik warna merah. Kemudian hasil penjualan ini nantinya akan diberikan kepada ibu dan anak yang membutuhkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro