Veneer gigi/Istimewa
Fashion

Hal-hal Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Veneer Gigi

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 Desember 2022 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Veneer kini menjadi tren di hampir semua kalangan terutama kalangan publik figur.

Pasalnya, veneer dipercaya secara signifikan dapat meningkatkan penampilan gigi Anda. Veneer bukan hanya bsa membuat gigi Anda lebih putih, tapi juga rapi.

Jika gigi Anda terkelupas, retak, atau ada celah, veneer dapat membantu Anda mengatasinya. Mereka juga memperbaiki ketidaksejajaran kecil dan gigi yang berubah warna. Tapi, faktor-faktor ini harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan melakukan veneer.

Jika Anda ingin melakukan veneer, Dokter gigi pertama-tama akan menyesuaikan senyum Anda pada kunjungan pertama dengan menentukan ukuran, bentuk, dan gaya veneer yang sesuai dengan senyum, bentuk wajah, dan preferensi desain Anda.

Setelah membersihkan gigi, Dokter Gigi akan melakukan persiapan kecil hanya pada satu permukaan gigi Anda untuk memasang veneer dan akan memutuskan apakah area tersebut akan mati rasa sebelum memulai prosedur. Setelah itu, dokter gigi akan membuat model, atau cetakan gigi, yang dikirim ke laboratorium gigi. Prosesnya biasanya memakan waktu sekitar 2-4 minggu.

Veneer tidak dapat diubah sehingga Anda perlu mempertimbangkan implikasi operasi secara menyeluruh sebelum Anda berencana untuk mendapatkannya.

Dr Vimal Arora, kepala petugas klinis, Perawatan Gigi di India mengatakan, jangan melakukan veneer jika Anda memiliki penyakit gusi, gigi berlubang, tambalan lebar, atau gigi patah.

Juga, jika Anda tidak memiliki cukup enamel atau jika Anda mengatupkan dan mengertakkan gigi, hindari melakukannya. Meskipun beberapa dari masalah ini dapat diperbaiki, berhati-hatilah terhadap dokter gigi yang meyakinkan Anda bahwa Anda dapat melanjutkan dan mendapatkan veneer tanpa terlebih dahulu menangani masalah tersebut.

Berikut beberapa hal penting yang harus Anda lakukan sebelum veneer gigi.

1. Ajukan pertanyaan maksimum Anda ke dokter gigi Anda

Tanyakan kepada dokter gigi tentang semua alat yang ingin dia gunakan dan berapa lama veneer akan bertahan setelah dipasang. Selain itu, selalu terbuka untuk setiap masalah yang Anda alami, seperti gigi bergemeretak, sensitif, sakit, atau tidak nyaman pada gigi. Dokter gigi yang berpengalaman dan profesional akan memastikan bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk veneer. Ini berarti memeriksa kesehatan mulut Anda secara umum, dan apakah Anda memiliki kerusakan gigi atau penyakit periodontal yang perlu diatasi.

2. Jenis Veneer untuk dipilih

Anda dapat memilih dari empat jenis veneer yang berbeda. Veneer komposit dan lepasan yang paling terjangkau, tetapi hanya bertahan hingga lima tahun. Lumineer bertahan hingga 10 tahun dan semi permanen. Veneer porselen adalah yang paling mahal, tetapi bisa bertahan hingga 15 tahun, asalkan dirawat dengan baik.

“Kami merekomendasikan veneer porselen karena lebih tahan lama dan juga tahan terhadap noda. Mereka mungkin mahal, tetapi manfaatnya lebih besar daripada biayanya. Pastikan untuk rutin mengunjungi dokter gigi untuk pemeriksaan rutin guna memastikan veneer Anda masih dalam kondisi baik,” ujar Dr. Arora.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro