Cara Memakai Sumpit/Freepik
Fashion

Simak Cara Memakai Sumpit yang Benar serta Etika Penggunaannya

Hana Fathina
Kamis, 29 Desember 2022 - 15:25
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Cara memakai sumpit bagi Sebagian orang mungkin tidak mudah, terutama jika tinggal di negara yang sehari-harinya tidak menggunakan sumpit. Untuk itu, perlu sedikit Latihan agar terbiasa dengan menggunakan sumpit. 

Sumpit adalah alat makan yang berasal dari Asia Timur. Berbentuk dua batang kayu sama Panjang yang dipegang di antara jari-jari satu tangan. Sumpit digunakan untuk menjepit dan memindahkan makanan dari wadah, dari piring ke piring atau memasukkannya ke dalam mulut. 

Berikut ini adalah cara memakai sumpit yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Cara memegang sumpit 

  • Cara memakai sumpit yang pertama dengan menaruh satu sumpit di antara jari telunjuk dan jempol, seimbangkan di jari manis. 
  • Letakkan sumpit kedua di antara jari telunjuk dan jempol, taruh di jari tengah. 
  • Pegang sumpit kedua dengan kuat menggunakan jempol, telunjuk dan jari tengah. 
  • Fungsi telunjuk dan jari tengah untuk menggerakkan sumpit. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk mengambil makanan. 

Etika menggunakan sumpit 

  • Aturan berbagi makanan
    Gunakan sepasang sumpit penyaji untuk umum yang tidak pernah menyentuh mangkuk nasi atau makanan orang lain, kemudian ambil dengan ujung lainnya tidak untuk makan dengan menggunakan sumpit. 
  • Meletakkan sumpit 
    Jangan letakkan sumpit dalam keadaan tegak lurus pada makanan. Hal ini kemudian dilihat sebagai pertanda buruk yang akan mengingatkan kepada dupa pemakaman. Jangan menancapkan makanan  dengan ujung dari sumpit. Jika cara lain gagal dilakukan, hal ini mungkin terasa seperti alternatif yang baik namun terlihat tidak sopan. 
  • Ketika makan nasi 
    Metode yang tepat dalam menggunakan sumpit Ketika makan nasi adalah dengan cara menggali. Jika semangkuk nasi diletakkan di depan dan apa yang kamu miliki adalah dua batang bambu,  kamu mungkin merasa seperti benda di sungai tanpa dayung. 

Cara menggunakan sumpit di Korea 

Biasanya sumpit dan sendok digunakan bersamaan dalam adat makan korea. Untuk cara pakai sumpit di korea, Pertama-tama pastikan orang tertua di meja makan mengangkat sendok dan sumpit terlebih dahulu, lalu diikuti yang lain. 

Selain makan mie, kita tidak boleh mengangkat piring atau mangkuk dekat dengan mulut, karena bisa dianggap tidak sopan. Untuk itu, gunakan sendok untuk menadahi makanan yang diambil dengan sumpit, kemudian baru dimakan. 

Setelah selesai makan, letakkan sumpit di sebelah kanan sendok karena jika di kiri, itu adalah cara penyajian makanan Ketika pemakaman atau yang dikenal dengan jessa. 

Hal yang harus diperhatikan ketika menggunakan sumpit

Pertama ambil sumpit, selipkan di antara ibu jari dan jari telunjuk, seperti Ketika menggunakan pulpen. Sumpit pertama (di bagian bawah) kurang lebih tidak bergerak. Jari telunjuk dan tengah melakukan semua angkat berat dengan sumpit kedua. 

Dalam keadaan ini, gerakkan sumpit ke atas dan ke bawah di antara jari tengah dan telunjuk tangan kanan. Kali ini, coba untuk tidak menggerakkan sumpit ke bawah. Jika dilakukan dengan benar, ujung sumpit akan terbuka dan tertutup. Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan, yaitu Ketika menggunakan sumpit, pegang dari bagian sepertiga dari bawah dan pastikan pegangan terhadap sumpit nyaman, pas dan tidak terasa bisa lepas kapan saja. 

Itulah cara memakai sumpit yang bisa kamu coba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro