6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah (pixabay)
Health

Simak 6 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ada banyak sekali manfaat lidah buaya untuk kesehatan hingga kecantikan. Tanaman yang dikenal juga dengan nama Aloe vera ini sangat populer dalam mengatasi masalah rambut.

Tak heran jika banyak sekali skincare kecantikan yang mengandalkan lidah buaya sebagai kandungan utama.

Kandungan Lidah Buaya

Lidah buaya sendiri memiliki beragam kandungan didalamnya yang akan sangat membantu dalam mengatasi keluhan kesehatan. Lidah buaya memiliki kandungan zat besi yang tinggi, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, kalsium, protein hingga energi. 

Lidah buaya juga memiliki beragam kandungan mineral yang sangat baik untuk tubuh. Lalu, apa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kandungan senyawa baik yang beragam membuat lidah buaya memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh. Dilansir dari Alodokter, berikut beberapa manfaat lidah buaya yang perlu diketahui.

1. Menghilangkan Jerawat

Manfaat lidah buaya untuk wajah yang pertama yaitu dapat menghilangkan jerawat. Lidah buaya memiliki kandungan senyawa antiseptik dan asam salisilat yang dapat membantu dalam membunuh bakteri yang bisa menyebabkan jerawat pada wajah. 

Lidah buaya baik digunakan untuk wajah dengan mengoleskan gel dari lidah buaya untuk pagi dan sore bisa mengurangi jerawat yang ada hingga 35 persen. 

2. Mengatasi masalah kulit kering

Manfaat lidah buaya bagi wajah selanjutnya yaitu untuk mengatasi masalah kulit kering. Lidah Buaya memiliki kandungan berbagai vitamin diantaranya vitamin A, vitamin E, dan vitamin C. 

Selain itu ada juga sama kandungan mineral antioksidan dan enzim yang sangat bagus untuk menguatkan lapisan kulit. Kandungan tersebut bisa membuat kulit jauh lebih lembab. Manfaat lidah buaya buat wajah ini memang sudah banyak berfoto karena banyak digunakan sebagai bahan baku skincare.

3. Mengatasi kerontokan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yaitu dapat mengatasi kerontokan. Kandungan asam folat dan vitamin B12 yang ada dalam lidah buaya ini membantu untuk mengatasi masalah rambut rontok. 

Tak hanya itu, berbagai kandungan vitamin dalam lidah buaya juga membantu untuk mempercepat regenerasi serta dapat menyehatkan sel pada rambut. Meskipun demikian, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat lidah buaya ini. 

4. Memperlambat penuaan kulit

Manfaat lidah buaya untuk kulit yaitu dapat memperlambat penuaan. Lidah buaya ini mampu meningkatkan produksi kolagen serta elastisitas kulit. Hal inilah yang membuat lidah buaya dapat memperlambat penuaan pada kulit.

Tentunya sudah banyak penelitian yang dilakukan terkait dengan uji coba untuk membuktikan bahwa lidah buaya ini mampu memperlambat penuaan pada kulit.

5. Mengatasi asam lambung

Manfaat lidah buaya untuk penyakit lambung yaitu bisa mengatasi asam lambung baik itu untuk mengatasi nyeri akibat adanya iritasi ataupun juga untuk mengurangi peradangan pada lambung.

Lidah buaya mengandung berbagai vitamin, mineral, serta asam amino, yang sangat baik untuk tubuh melakukan detoksifikasi. Kandungan dari lidah buaya tersebut bisa mengoptimalkan kerja dari pencernaan. Lidah buaya ini juga bisa mengatasi nyeri akibat adanya iritasi pada lambung.

6. Mengatasi bibir kering

Manfaat lidah buaya untuk bibir yaitu dapat membantu untuk mengatasi bibir kering dan juga pecah-pecah yang terjadi akibat adanya peradangan. Sama seperti manfaat untuk wajah kering, lidah buaya ini juga bisa digunakan untuk mengatasi bibir kering pecah-pecah karena kandungan anti radang serta antimikroba yang dimilikinya.

Lidah buaya ini dapat digunakan sebagai lip balm alami untuk melembabkan bibir. Campurkan lidah buaya dengan minyak kelapa ataupun carrier oil lainnya sebelum dioleskan ke bibir sebagai lip balm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro