6 Manfaat Bawang Putih, Bisa Untuk Menurunkan Darah Tinggi (pexels)
Health

Ini 6 Manfaat Bawang Putih, Bisa Untuk Menurunkan Darah Tinggi

Nuraini
Selasa, 3 Januari 2023 - 15:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang sangat familiar dan dikenal memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Manfaat bawang putih untuk kesehatan ini sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat. Apa sajakah manfaat dari bawang putih? Simak penjelasannya berikut ini. 

Kandungan Bawang Putih

Bawang putih ini memiliki berbagai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan diantaranya; antioksidan seperti asam amino, oligosakarida, dan flavonoid. Selain itu, ada juga kandungan selenium, kalsium, mangan, vitamin C, protein, karbohidrat, dan serat. 

Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan senyawa aktif dalam bawang putih membuat bumbu dapur ini memiliki berbagai manfaat untuk tubuh. Adapun beberapa khasiat bawang putih, seperti berikut:

1. Mengendalikan tekanan darah

Khasiat bawang putih yang pertama yaitu bisa digunakan untuk mengendalikan tekanan darah. Kandungan allicin pada bawang putih ini mampu menurunkan tekanan darah yang sama dengan obat atenolol. Selain itu, bawang putih juga memiliki kandungan polisulfida untuk memperlebar pembuluh darah sehingga tekanan darah dapat menurun.

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat bawang putih untuk wanita maupun pria yaitu dapat digunakan untuk membantu menurunkan kolesterol. Kandungan allicin yang ada bisa digunakan untuk menghambat enzim yang berperan dalam pembentukan kolesterol.

Kandungan allicin pada bawang putih ini hanya bisa didapatkan jika bawang putih dikonsumsi dengan cara dihancurkan, ditumbuk, ataupun dengan cara dikunyah.

3. Meningkatkan kinerja fisik

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk meningkatkan kinerja. Manfaat bawang putih untuk pria ini bisa membantu untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan kinerja serta kapasitas fisik.

Bahkan, bawang putih diketahui bisa meningkatkan kinerja fisik ini sudah dipercaya sejak zaman dulu. Bawang putih sudah banyak digunakan untuk meningkatkan kerja fisik dari atletik pada saat Olimpiade Yunani kuno.

4. Mengatasi jerawat

Manfaat bawang putih untuk wajah yaitu bisa digunakan mengatasi jerawat. Bawang putih ini memiliki kandungan allicin yang memiliki sifat antibakteri, antijamur, antiseptik, serta anti-virus yang bisa membunuh kuman yang menyebabkan jerawat. 

Selain itu, bawang putih juga bisa berpotensi untuk meringankan peradangan dan pembengkakan pada kulit. Dengan demikian, sirkulasi darah pada wajah akan lancar dan membuat kulit tampak lebih cerah. 

Kandungan berbagai vitamin yang dimiliki oleh bawang putih seperti vitamin C, B6, kandungan tembaga, selenium, dan seng juga memiliki manfaat untuk dapat mengendalikan produksi minyak berlebih pada kulit wajah.

5. Melawan batuk, pilek dan radang

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu bisa untuk melawan batuk, pilek, dan radang. Bawang putih mentah memiliki senyawa belerang yang akan terbentuk apabila dihancurkan dan dikunyah.

Jika Anda mengalami gejala flu, maka bisa mengkonsumsi bawang putih mentah untuk membantu mengurangi gejalanya dan membantu untuk lebih cepat pulih.

6. Menjaga kesehatan otak

Manfaat bawang putih selanjutnya yaitu dapat menjaga kesehatan otak. Bawang putih memiliki kandungan bahan FruArg yang merupakan turunan karbohidrat. FruArg tersebut dapat melindungi sel otak dari efek penyakit maupun efek penuaan.

Selain itu, FruArg juga dapat membantu untuk mengurangi kadar oksida nitrat. Oksida nitrat ini diproduksi sel mikroglia saat berperang melawan stres oksidatif, serta peradangan.

Oksida nitrat yang berlebihan dalam otak ini bisa menyebabkan kerusakan sel otak sehingga bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi kadar tersebut.

Itulah beberapa manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh yang sudah diyakini masyarakat bahkan dimulai dari zaman dahulu. Bawang putih mentah yang dikunyah langsung atau dihancurkan lalu dikonsumsi akan membantu mengeluarkan zat yang bermanfaat bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro