Inilah Manfaat Saffron Untuk Kesehatan dan Wajah (pixabay)
Health

Ini 10 Manfaat Saffron Untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Haid

Nuraini
Rabu, 4 Januari 2023 - 08:10
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -Saffron berasal dari bunga Crocus sativus yang biasa digunakan sebagai penyedap, pewarna, dan perisa makanan.

Rempah yang satu ini terkenal sebagai rempah dengan harga yang fantastis. Meskipun begitu, manfaat saffron juga sangat beragam, dari manfaat untuk kesehatan hingga wajah.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan

Saffron biasa dijadikan sebagai pengobatan alami karena dipercaya punya manfaat baik untuk kesehatan. Dikutip dari Alodokter, Klikdokter, dan Hellosehat, berikut ini beberapa manfaat saffron bagi kesehatan.

1. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat saffron bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat membantu mengurangi berat badan. Berdasarkan penelitian, sekelompok wanita yang diberikan suplemen saffron dapat mengalami penurunan nafsu makan sehingga berat badannya pun dapat menurun dengan signifikan. 

2. Meringankan nyeri haid dan gejala PMS (Premenstrual Syndrome)

Salah satu manfaat saffron untuk wanita yaitu dapat meringankan nyeri haid dan gejala premenstrual syndrome. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sekelompok wanita yang mengkonsumsi kapsul saffron dua kali sehari dapat mengurangi gejala emosional dan fisik akibat PMS daripada yang tidak mengkonsumsinya. Beberapa gejala yang dimaksud berupa nyeri haid, sakit kepala, dan mudah tersinggung.

3. Menangkal radikal bebas

Dapat menangkal radikal bebas menjadi salah satu manfaat saffron bagi kesehatan. Hal ini dapat terjadi karena saffron mengandung berbagai antioksidan yang dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis, salah satunya kanker. 

4. Membantu meringankan penyakit Alzheimer

Manfaat bunga saffron selanjutnya dapat meringankan penyakit Alzheimer. Berdasarkan penelitian terbaru, kandungan saffron berupa kerosin terbukti efektif melawan disfungsi kognitif kronis. Penderita Alzheimer yang mengonsumsi 15 mg saffron sebanyak dua kali sehari dapat meningkat fungsi kognitifnya dan memperlambat penurunan fungsi kognitifnya secara signifikan. 

5. Menurunkan risiko penyakit jantung

Berdasarkan penelitian, saffron mengandung antioksidan yang mampu mencegah pembuluh darah tersumbat. Hal ini dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan serangan jantung. Selain itu, antioksidan dalam saffron juga dapat mengurangi risiko terkena stroke. 

6. Membantu mempersiapkan rahim untuk pembuahan

Saffron juga ternyata bermanfaat untuk program hamil atau promil. Manfaat saffron untuk promil ini tertuang dalam Irian Red Crescent Medical Journal yang menyebutkan bahwa konsumsi ekstrak saffron bisa membantu menyiapkan rahim untuk memasuki proses pembuahan. 

Tak hanya itu, saffron juga mengandung sejumlah senyawa aktif yang bisa menggerakkan otot rahim dan mulut rahim. Kondisi ini dapat meningkatkan peluang hamil pada wanita. 

7. Menetralkan asam lambung

dr. Nadia Nurotul Fuadah dalam Alodokter, menyebutkan bahwa manfaat saffron untuk asam lambung yaitu bisa menetralkan asam pada lambung yang berlebih. Selain itu, saffron juga memperbaiki nafsu makan, hingga melancarkan pencernaan. Meskipun demikian, efek tersebut mungkin tidak berlaku di semua orang. 

Manfaat Saffron Untuk Wajah

Selain untuk kesehatan, kandungan saffron juga baik untuk wajah. Dikutip dari SehatQ, berikut beberapa manfaat saffron bagi wajah. 

1. Melindungi kulit dari paparan sinar UV

Manfaat air saffron untuk wajah yang pertama yaitu dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV). Berdasarkan hasil studi, manfaat ini diperoleh karena senyawa flavonoid. Kandungan Flavonoid atau antioksidan yang dimaksud seperti quercetin dan kaempferol.

2. Mencerahkan kulit wajah

Manfaat saffron bagi wajah lainnya yaitu dapat mencerahkan wajah. Manfaat tersebut akan semakin terasa jika saffron digunakan sebagai masker bersama dengan minyak esensial. Penggunaan bahan-bahan tersebut dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah pada kulit dan dapat membuat wajah tampak bercahaya. 

3. Mengurangi noda hitam

Manfaat bunga saffron untuk wajah selanjutnya yaitu dapat mengurangi noda hitam pada wajah. Apalagi kalau masker saffron dicampur dengan madu. Cara pembuatan masker dengan mencampurkan 2-3 helai saffron dengan 1 sendok makan madu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro