Ilustrasi demesia/usdoj.gov
Health

Tanda-tanda Awal Demensia yang Kadang Tak Disadari, Bisa Menyerang Anak Muda

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 4 Januari 2023 - 12:33
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Demensia merupakan kondisi penurunan kognitif, yang memengaruhi fungsi otak Anda.

Sedangkan Alzheimer adalah penyakit otak, yang ditandai dengan gejala demensia yang memburuk seiring berjalannya waktu.

Penuaan adalah salah satu faktor risiko terbesar penyebab Alzheimer. Namun, ada juga yang terjadi bukan karena faktor penuaan. 

Mengenali mereka dengan segera dan mencari pengobatan dapat membantu Anda mengatasi gejala-gejala yang mengganggu ini.

Jika Anda melihat satu atau lebih tanda pada diri Anda atau orang lain, penting untuk membicarakannya dengan anggota keluarga lain dan berkonsultasi dengan dokter Anda. Penting untuk mengambil tindakan untuk mencari tahu apa yang terjadi dan bagaimana Anda dapat memperbaiki kondisi Anda.

Menurut Asosiasi Alzheimer, AS, berikut adalah lima tanda peringatan yang tidak boleh diabaikan:

1. Kesulitan untuk bekerja dengan angka atau memecahkan masalah

Banyak orang dewasa menguasai mengelola keuangan atau tagihan rumah tangga mereka dengan waktu dan latihan. Namun, jika Anda tiba-tiba kesulitan bekerja dengan angka, membuat kesalahan di sana-sini, itu bisa menjadi tanda awal Alzheimer.

2. Kesulitan menyelesaikan tugas-tugas sehari-hari

Gejala penting lainnya adalah tiba-tiba tidak tahu apa-apa dengan tugas-tugas yang sudah dikenal. Hal-hal yang telah Anda lakukan ratusan kali mungkin tiba-tiba menjadi asing, seperti mengikuti resep yang telah Anda masak sebelumnya atau berkendara ke lokasi yang sudah dikenal.
Alzheimer juga dapat menyebabkan masalah konsentrasi, yang dapat mempersulit pasien untuk menyelesaikan tugas sehari-hari yang sederhana dengan lancar seperti sebelumnya.

3. Kebingungan dengan waktu atau tempat

Sangat mudah untuk melupakan hari apa saat Anda sedang liburan. Atau dapat diterima bagi banyak orang untuk lupa waktu ketika bersenang-senang.
Namun, penderita Alzheimer tidak hanya bisa melupakan tanggal berapa, tetapi juga musim apa. Bahkan, mereka mungkin lupa di mana mereka berada dan bagaimana mereka sampai di sana.

4. Masalah dalam berbicara atau menulis

Pasien dengan Alzheimer dapat mengalami kesulitan dalam berbicara dan menulis, baik dalam pemikiran maupun kosa kata. Terkadang, mereka berhenti di tengah percakapan dan tidak tahu bagaimana melanjutkannya. Mengulangi apa yang telah mereka katakan adalah tanda serupa lainnya.
Saat berjuang dengan kata-kata, mereka mungkin mulai menggunakan nama yang salah untuk sesuatu, atau kesulitan menamai objek yang sederhana dan familiar.

5. ​Salah menaruh barang

Kehilangan barang terlalu sering adalah tanda awal lain dari penyakit Alzheimer. Selanjutnya, pasien tidak dapat mengingat apa pun untuk dapat menemukan objek yang salah tempat. Seiring berkembangnya penyakit, mereka bahkan mungkin menuduh orang lain mencuri barang-barang mereka.
Penting untuk memperhatikan tanda-tanda awal Alzheimer ini dan berkonsultasi dengan dokter Anda jika Anda mengalami salah satu dari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro