Gunting kuku
Health

Ini Lho Bahayanya Berbagi Gunting Kuku dengan Orang Lain

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 5 Januari 2023 - 10:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Berbagi barang sehari-hari tertentu dengan teman, teman sekamar, atau pasangan mungkin hal biasa bagi Anda.

Tapi, ada beberapa barang yang sebenarnya tidak boleh digunakan bersama-sama karena bisa memicu masalah kesehatan. Gunting kuku adalah salah satunya.

Sama halnya dengan pertukaran kuman yang dapat terjadi saat berbagi barang perawatan pribadi seperti kuas makeup atau loofah mandi. Percaya atau tidak, gunting kuku juga bisa melakukan hal yang sama.

"Jika Anda memiliki infeksi jamur atau kutil jenis apa pun, Anda dapat menyebarkannya satu sama lain," kata dokter kulit Dr. Mona Gohara.

Infeksi jamur dapat menyebabkan kuku yang terinfeksi menjadi tebal, rapuh, dan berwarna kuning atau putih.

Tetapi infeksi jamur bukan satu-satunya risiko penularan yang terjadi. Jika Anda secara tidak sengaja melukai kulit Anda, Anda membuka jalan bagi patogen yang terbawa darah untuk masuk ke dalam tubuh, yang dapat menyebabkan infeksi seperti hepatitis C.

Selain hepatitis C, sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Emerging Infectious Diseases menemukan bahwa praktik kebersihan yang buruk, termasuk berbagi gunting kuku, dikaitkan dengan wabah infeksi staph di antara individu yang dipenjara di fasilitas yang berbasis di Missouri.

Sebagai infeksi bakteri, bakteri staphylococcus sering menyebabkan infeksi kulit ringan. Namun, bisa berakibat fatal jika mencemari jantung, paru-paru, aliran darah, atau area tubuh lainnya.

Karena itu, yang terbaik adalah berhati-hati dan simpan gunting kuku Anda sendiri. Kehati-hatian yang sama ini juga harus dilakukan saat mengunjungi salon kuku untuk mencegah perpindahan kuman antara diri Anda dan orang lain.

Asosiasi Profesional Dalam Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi (APIC) menyarankan untuk menjauh dari salon kuku jika Anda memiliki luka terbuka, cedera, gigitan serangga, keropeng, atau poison ivy.

Selain itu, jangan mencukur sebelum mengecat kuku kaki Anda, karena goresan dan luka kecil dapat membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi.

Terakhir, pilih untuk melupakan bagian mendorong kutikula atau memotong kuku dari kunjungan salon Anda untuk meminimalkan kemungkinan kontaminasi bakteri, jamur, atau virus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro