Inilah 7 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan Tubuh (pixabay)
Health

Simak 7 Manfaat Jeruk untuk Kesehatan, Bisa Turunkan Kolesterol

Nuraini
Selasa, 10 Januari 2023 - 19:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jeruk merupakan salah satu buah yang dikenal sebagai sumber vitamin C terbaik. Manfaat jeruk ini ternyata sangat beragam bagi kesehatan tubuh.

Selain itu, buah ini juga memiliki rasa yang enak dan segar dengan kandungan air cukup banyak. 

Kandungan Jeruk

Sama halnya dengan buah lainnya, jeruk juga mengandung berbagai vitamin dan senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan buah jeruk, antara lain; antioksidan, folat, serat, yang tinggi sangat baik untuk kesehatan tubuh. 

Jeruk jeruk juga mengandung vitamin C, vitamin B1, dan potassium. Buah jeruk mengandung air yang cukup banyak, sehingga dinilai efektif dalam mengatasi dehidrasi. Jadi, tidak ada salahnya untuk menjadikan jeruk sebagai salah satu camilan sehat yang dinikmati setiap hari.

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi yang beragam membuat jeruk memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari Halodoc, berikut sejumlah manfaat buah jeruk untuk kesehatan. 

1. Manfaat jeruk untuk ibu hamil

Jeruk merupakan buah dengan berbagai manfaat salah satunya yaitu untuk ibu hamil. Banyaknya kandungan nutrisi di dalam buah jeruk ini memberikan manfaat baik bagi ibu dan janin.

Manfaat buah jeruk untuk ibu hamil yaitu dapat membantu mencegah bayi terlahir cacat. Selama masa kehamilan ibu hamil perlu memperhatikan asupan asam folat di dalam tubuh cukup untuk ibu dan janin.

Asam folat ini sangat penting untuk mencegah gangguan pembentukan otak serta tabung saraf. Jeruk memiliki kandungan asam folat yang tinggi. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk dikonsumsi selama hamil, sehingga bisa menurunkan risiko cacat lahir.

2. Manfaat jeruk untuk wajah

Jeruk juga ternyata memiliki manfaat yang baik untuk wajah diantaranya bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Kandungan antibiotik dari jeruk ini mampu menghambat pertumbuhan dari bakteri yang ada di kulit wajah. 

3. Menurunkan kolesterol

Manfaat buah jeruk untuk kesehatan lainnya yaitu dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jeruk memiliki kandungan serat larut sehingga mampu untuk menurunkan kolesterol. 

4. Membantu sistem pencernaan jadi lebih baik

Manfaat selanjutnya dari buah jeruk yaitu dapat membantu sistem pencernaan tubuh jadi lebih baik. Salah satu jenis jeruk yang sangat baik untuk pencernaan yaitu jeruk lemon. Manfaat jeruk untuk pencernaan yaitu membantu membersihkan sampah makanan yang masih tertinggal di pencernaan. 

5. Mengontrol tekanan darah

Ternyata buah jeruk juga mampu mengatasi tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid yang tinggi membuat buah jeruk ini bisa mengontrol tekanan darah. Bagi Anda yang menderita darah tinggi, maka bisa mencoba untuk mengonsumsi buah jeruk ini secara rutin. 

6. Melindungi jantung

Siapa sangka buah jeruk yang memiliki rasa enak ini juga memberikan manfaat untuk kesehatan jantung. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa buah jeruk ini mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam darah. 

Kolesterol yang tinggi menjadi salah satu penyebab mengalami penyakit jantung. Oleh karena itu, buah jeruk ini mampu melindungi kesehatan jantung Anda.

7. Mencegah anemia

Manfaat jeruk juga bisa untuk mencegah penyakit anemia. Kandungan asam folat yang tinggi pada buah jeruk ini bisa membantu untuk meningkatkan produksi dari sel darah merah. Kandungan vitamin C yang banyak terkandung dalam jeruk nipis juga membantu untuk meningkatkan penyerapan dari zat besi yang ada di usus. 

Efek samping makan jeruk

Meskipun jeruk ini memiliki banyak manfaat tetapi Anda juga harus mengkonsumsinya dalam batas yang wajar. Bagi yang memiliki asam lambung tinggi, maka tidak disarankan untuk mengonsumsi buah jeruk yang berlebihan.

Sebaiknya konsumsi jeruk sewajarnya saja tidak perlu berlebihan karena bisa memberikan efek samping bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro