7 Manfaat Bekam untuk Kesehatan, Apa Saja_ (pexels)
Health

Simak 7 Manfaat Bekam untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Nuraini
Minggu, 15 Januari 2023 - 09:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bekam adalah pengobatan alternatif tradisional yang dilakukan dengan cara meletakkan cangkir khusus di kulit selama beberapa menit untuk menarik atau menghisap kulit.

Pengobatan tradisional ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat bekam untuk kesehatan? Simak penjelasannya berikut ini.

Manfaat Bekam untuk Kesehatan

Secara umum, bekam terbagi menjadi dua jenis yaitu bekam kering dan basah. Kedua jenis bekam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Dilansir dari resolution.health, berikut sejumlah manfaat bekam bagi kesehatan.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Hisapan cangkir di bagian kulit diketahui bisa melancarkan aliran darah. Selain itu, bekam juga bisa meredakan ketegangan otot dan meningkatkan perbaikan sel.

2. Melepaskan racun

Gaya hidup yang tidak sehat membuat tubuh memiliki racun yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bekam diketahui bisa menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan racun di tubuh.

Saat bekam, aliran darah akan fokus membantu tubuh untuk membuang racun yang menumpuk melalui sistem limfatik. Perlu diketahui bahwa sistem limfatik diketahui berfungsi untuk menghilangkan racun dan limbah dalam tubuh.

3. Mengurangi rasa cemas

Manfaat terapi bekam lainnya yaitu bisa mengurangi rasa cemas. Ketika terapi bekam, maka sistem saraf parasimpatis akan bekerja. Hal inilah yang bisa membuat tubuh lebih tenang. Perlu diketahui juga bahwa sistem saraf parasimpatis bertugas untuk melambatkan detak jantung, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan aktivitas usus dan kelenjar.

4. Mengurangi stretch mark dan bekas luka

Manfaat bekam bagi wanita dan pria juga bisa mengurangi stretch mark dan bekas luka. Bekam bisa meningkatkan aliran darah yang memungkinkan membuang racun, memulihkan sirkulasi limfatik, dan menghilangkan edema yang dapat mengurangi munculnya jaringan di perut.

Sebuah studi juga menunjukan bahwa bekam bisa bermanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark dan bekas luka, bahkan di tempat yang jauh dari area yang dibekam.

5. Membersihkan usus besar dan melancarkan pencernaan

Manfaat bekam badan terutama di atas perut bisa merangsang organ pencernaan. Terapi ini bisa menyebabkan kontraksi yang mendorong makanan lewat saluran pencernaan.

Selain itu, bekam juga bisa membantu membersihkan sumbatan pada usus besar mendorong darah dan cairan tubuh bergerak, dan meredakan gangguan pada pencernaan.

6. Membantu menyembuhkan asma

Bekam biasanya dilakukan di punggung atau dada. Salah satu manfaat bekam di punggung yaitu bisa menyembuhkan asma. Bekam juga diketahui bisa mengobati asma karena bisa mengalirkan aliran darah dan menunjang cairan getah bening. Bahkan, bekam di wajah diketahui bisa membantu mengobati sinus.

7. Mengobati sakit kepala

Manfaat bekam di kepala diketahui bisa mengobati sakit kepala. Pada area kepala diketahui terdapat 100 titik bekam. Darah yang keluar ketika bekam kepala bisa mengatasi gangguan di kepala seperti migrain tanpa perlu mengkonsumsi obat kimia.

Efek Samping Bekam

Meskipun memiliki banyak manfaat, bekam tetap bisa menimbulkan efek samping. Berdasarkan keterangan di WebMD, efek samping bekam antara lain; menimbulkan ketidaknyamanan ringan, luka bakar, memar, hingga infeksi kulit.

Selain itu, alat bekam yang kurang steril juga bisa menyebarkan penyakit lewat darah seperti hepatitis B dan C. Oleh karena itu, saat melakukan bekam pastikan alat yang digunakan bersih dan steril.

Itulah sejumlah manfaat bekam bagi tubuh dan efek samping yang ditimbulkan dari terapi tradisional tersebut. Ketika hendak melakukan bekam, pastikan datang ke terapis profesional yang sudah berpengalaman dan terpercaya untuk mencegah efek samping dari bekam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro