Ilustrasi anak minum obat sirup cair/Freepik
Health

Daftar Obat PT Lapi Laboratories yang Dinyatakan Aman oleh BPOM

Akbar Evandio
Sabtu, 21 Januari 2023 - 11:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Lapi Laboratories menyampaikan bahwa seluruh produk sediaan sirop miik perusahaannya telah dinyatakan aman dari cemaran etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dikutip dari keterangan tertulis, Sabtu (21/1/2023), pernyataan tersebut didapat setelah seluruh produk melalui tahap verifikasi yang ketat oleh BPOM.

BPOM telah merilis surat edaran Nomor HM.01.1.2.12.22.189 pada 22 Desember 2022; Nomor HM.01.1.2.12.22.191 kemudian pada 29 Desember 2022; dan Nomor B-PW.02.04.4.43.01.23.55 pada 11 Januari 2023, di mana surat tersebut menyatakan bahwa seluruh produk PT Lapi Laboratories aman digunakan sesuai aturan pakai.

 Selain itu, PT Lapi Laboratories menyatakan bahwa perusahaan telah melakukan pengujian mandiri terhadap cemaran EG dan DEG pada produknya sesuai dengan metode yang tepat dan dilakukan di laboratorium yang sudah terakredisasi.

Pengujian dan verifikasi produk obat sirup produksi PT Lapi Laboratories dilakukan sebagai respons terhadap kasus gagal ginjal akut pada anak yang terjadi beberapa waktu belakangan akibat cemaran zat EG dan DEG pada obat sirup.

Adapun, produk sediaan sirup untuk obat demam, batuk, pilek, dan asma keluaran PT Lapi Laboratories yang dinyatakan aman oleh BPOM adalah Lapifed sirup, Lapifed DM sirop, Lapifed Ekspektoran sirop, Rhelafen suspensi, Rhelafen Forte suspensi, dan Apetic drops.

Kemudian, produk lainnya adalah Apetic suspensi, Apetic Forte suspensi, Lacoldin sirup, Lanos drops, Lanos Plus sirup, Lapisiv sirop, Lapimuc drops, Lasal Ekspektoran sirop, Lasal sirop, Lasmalin sirop, dan Mucovy sirop.

Selanjutnya, produk sediaan sirup untuk obat antiradang, alergi, dan antivirus PT Lapi Laboratories yang dinyatakan aman oleh BPOM adalah Lameson suspensi, Desdin sirop, Tiriz drops, Bestalin sirup dan Laprosin sirop.

Produk sediaan sirop lain kategori suplemen makanan atau vitamin PT Lapi Laboratories yang dinyatakan aman oleh BPOM adalah Apialys drops, Apialys sirop, Imunos sirop, Imunos Plus sirop, Biostrum sirup, Cal-95 Kid sirup, Nu Health L-Cal Grow sirup, L-Vit D3 drops, Optalvit sirup, Eyevit sirup, Vitacur sirup dan Fervit drops.

Kemudian, produk sediaan sirop kategori obat selain di atas dari PT Lapi Laboratories yang juga dinyatakan aman oleh BPOM adalah Lagesil suspensi, ODR sirop, Ondansetron sirup (Generik), L-Zinc sirop, MG-40 suspensi, Nystin drops, Nystatin drops (Generik), dan Latropil sirop.

Selain itu, ada juga produk antibiotik sediaan sirop kering produk PT Lapi Laboratories yang juga telah dinyatakan aman untuk dikonsumsi dan diedarkan kepada pasien.

Produk tersebut adalah Aclam 125 DS, Aclam 250 Forte DS, Lapicef 125 DS, Lapicef 250 DS, Lapicef OD, Cefila DS, Lacophen DS, Lapimox 125 DS, Lapimox 250 DS, dan Cefadroxil Drop (Generik).

Saat ini, seluruh produk sediaan sirop PT Lapi Laboratories yang sudah dinyatakan aman oleh BPOM dapat dibeli di apotek-apotek dan dikonsultasikan kepada dokter atau tenaga kesehatan terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro