Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini 10 Manfaat Donor Darah yang Menunjang Kesehatan Tubuh

Donor darah adalah kegiatan mentransfusi darah untuk orang lain. Selain bernilai sosial, manfaat donor darah untuk tubuh juga sangat banyak. Ini penjelasannya.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  20:58 WIB
Ini 10 Manfaat Donor Darah yang Menunjang Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Donor Darah yang Menunjang Kesehatan Tubuh (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahukah Anda, kalau ternyata manfaat donor darah sangat baik untuk kesehatan. Donor darah adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan darah kepada yang sedang membutuhkan, seperti korban kecelakaan, transplantasi organ, kanker, anemia, thalasemia, hingga kanker darah.

Darah akan diberikan melalui  sebuah proses yang bernama transfusi darah. 

Kegiatan donor darah tidak hanya bermanfaat baik bagi orang yang membutuhkan darah, tetapi juga bagi pendonor. Lantas, apa saja manfaat donor darah yang perlu diketahui? Berikut penjelasan lengkapnya

Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

Donor darah secara rutin dapat memberikan manfaat dan menyehatkan tubuh pendonor. Mengutip dari berbagai sumber, berikut manfaat donor darah bagi tubuh. 

1. Mendeteksi penyakit tertentu

Sebelum donor darah, calon pendonor akan diperiksa kondisi darahnya. Pemeriksaan tersebut dapat mampu mendeteksi adanya penyakit, seperti; HIV, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria sehingga berbagai penyakit dapat terdeteksi. 

Jika darah bebas dari penyakit, maka darah dapat diberikan kepada yang membutuhkan. Apabila terdeteksi suatu penyakit, maka petugas akan memberitahukan hal tersebut kepada pendonor. 

2. Menurunkan kolesterol

Manfaat donor darah untuk kesehatan juga dapat mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Berdasarkan penelitian, donor darah dapat mengurangi kekentalan darah sehingga dapat menurunkan kadar LDL. 

3. Mempercepat proses pemulihan luka

Ketika donor darah, tubuh akan menyesuaikan diri terhadap berkurangnya sel darah merah sehingga penyembuhan luka menjadi lebih cepat.

4. Membuat pikiran lebih stabil

Donor darah dapat membuat hati dan pikiran menjadi lebih bahagia dan damai karena telah menolong sesama. Hal ini dapat meningkatkan kesehatan psikologis. 

5. Menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah

Turunnya risiko penyakit jantung dan pembuluh darah menjadi salah satu manfaat donor darah. Rutin mendonorkan darah dapat menurunkan kekentalan darah yang berperan dalam risiko penyakit jantung. 

Berdasarkan penelitian dalam American Journal of Epidemiology, pendonor darah memiliki kemungkinan 33% lebih rendah menderita semua jenis penyakit kardiovaskuler, bahkan 88% lebih rendah terkena serangan jantung. 

6. Membantu menurunkan berat badan

Manfaat donor darah untuk diet dapat membantu menurunkan berat badan. Dengan donor darah, orang dewasa dapat membakar 650 kalori saat mendonorkan 450 ml darahnya. Maka dari itu, rutin donor darah bisa menjadi salah satu cara bagi orang yang ingin atau sedang diet.

7. Menghindari serangan penyakit kulit

Manfaat donor darah bagi wanita dapat menghindari penyakit kulit akibat banyaknya darah kotor dalam tubuh. Donor darah dapat membantu sirkulasi pergantian sel darah merah menjadi lebih teratur sehingga terhindar dari penyakit kulit. 

8. Menurunkan risiko penyakit kanker

Donor darah bagi kesehatan dapat menurunkan risiko kanker bagi pria dan wanita. Manfaat donor darah bagi pria dapat menurunkan risiko kanker bila rutin donor darah setiap 3 bulan. Begitu pula dengan wanita yang mendonorkan darahnya setiap 4 bulan. 

9. Membantu meningkatkan produksi sel darah merah

Tubuh dapat menggantikan darah yang telah di donor dalam waktu 48 jam. Setelah donor darah, sumsum tulang belakang segera memproduksi sel darah merah yang baru untuk mengganti sel darah merah yang hilang. 

10. Merawat kesehatan hati

Organ hati menjadi salah satu organ yang fungsinya terganggu saat kadar zat besi dalam tubuh tinggi. Zat besi tinggi berkontribusi pada meningkatnya radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan, salah satunya memicu penyakit hepatitis C. Manfaat donor darah bagi kesehatan hati diperoleh dari berkurangnya zat besi dalam tubuh akibat aktivitas donor darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

donor darah kesehatan tips sehat Manfaat kanker
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top