Manfaat Jambu Kristal Bagi Kesehatan, Cocok untuk Menu Diet(pixabay)
Health

Manfaat Jambu Kristal Bagi Kesehatan, Cocok untuk Menu Diet

Nuraini
Jumat, 27 Januari 2023 - 22:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jambu kristal ini merupakan salah satu buah yang menyegarkan dan sangat menggugah selera karena tampilan luarnya sangat cantik dan hanya memiliki biji dalam jumlah yang sedikit.

Manfaat jambu kristal ternyata juga tak kalah jika dibandingkan dengan jambu biji biasa. Apa saja manfaat dari jambu kristal? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Jambu Kristal

Jambu kristal memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Melansir dari Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini beberapa kandungan yang dimiliki oleh jambu kristal.

  • 41 mg fosfor 
  • 20 mg natrium 
  • 0,5 mg seng 
  • 31 mg kalsium 
  • 0,2 mg besi 
  • 103,0 mg kalium
  • 53 mcg beta karoten 
  • 1,02 mg B1 
  • 1,3 mg niasin
  • 116 mg vitamin C
  • 4.5 mg serat

Manfaat Jambu Kristal Untuk Kesehatan

Nutrisi yang lengkap membuat buah ini mempunyai banyak manfaat. Melansir dari beberapa sumber, berikut sejumlah manfaat makan jambu kristal yang penting untuk diketahui. 

1. Meningkatkan imun tubuh

Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan dari vitamin C ini bersifat sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan sangat penting untuk memperbaiki jaringan tubuh. Tubuh bisa jadi lebih sehat dan dapat terhindar dari penyakit.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Manfaat selanjutnya dari jambu kristal yaitu bisa membantu sistem pencernaan, salah satunya untuk lambung. Manfaat jambu kristal untuk lambung ini ditunjang oleh kandungan nutrisi yang sangat beragam di dalamnya.

Jambu kristal ini bisa menormalkan gerakan usus karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, jambu kristal juga bisa mengatasi masalah sembelit dan mencegah diare.

3. Menurunkan berat badan

Selain manfaat jambu kristal untuk asam lambung, ternyata jambu kristal juga bisa membantu menurunkan berat badan. diet ini bisa coba untuk dilakukan. Manfaat jambu kristal untuk diet ini ditunjang oleh kandungan serat yang tinggi tetapi kalori yang rendah, sehingga bisa dijadikan sebagai asupan cemilan untuk diet.

Makanan yang memiliki serat tinggi akan lebih mengenyangkan dibandingkan dengan makanan yang kandungan seratnya rendah. Dengan demikian, berat badan akan terjaga. 

4. Menjaga ibu hamil tetap sehat

Manfaat jambu kristal untuk ibu hamil yaitu bisa membantu untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Jambu kristal memiliki kandungan seperti protein, vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan ibu hamil dan janin dalam kandungan. 

Kandungan vitamin C pada jambu kristal ini sangat penting bagi ibu hamil untuk pertumbuhan janinnya. Selain itu, jambu kristal juga mampu meningkatkan penyerapan zat besi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk memberikan oksigen kepada janin.

5. Mengontrol tekanan darah

Jambu kristal memiliki manfaat untuk membantu menjaga tekanan darah. Jambu kristal juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada pada tubuh. 

Manfaat jambu kristal untuk kolesterol dan darah tinggi ini juga bisa membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Jambu biji memiliki kandungan serat dan kalium yang tinggi, sehingga berperan penting dalam mengontrol tekanan darah dan menurunkan kolesterol jahat yang ada pada darah.

6. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat buah jambu kristal selanjutnya yaitu mampu untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin C, vitamin E, dan antioksidan pada jambu kristal ini bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini dan menjaga kelembaban kulit. Kandungan vitamin C juga mampu meningkatkan pembentukan kolagen pada tubuh.

Itulah sejumlah manfaat jambu kristal yang baik untuk tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, sebaiknya cuci bersih jambu kristal sebelum dikonsumsi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro