Jambu biji/Istimewa
Health

6 Manfaat Konsumsi Jambu Biji

Redaksi
Minggu, 31 Desember 2023 - 20:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Jus jambu biji memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Buah jambu biji memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. 

Jambu biji kaya akan nutrisi seperti kalsium, protein, serat, dan lainnya. Jambu biji ternyata baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Jadi, tidak heran jika orang mengenalnya sebagai 'makanan super'.

Simak manfaat mengonsumsi buah jambu biji:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Jambu biji mengandung vitamin C yang melindungi Anda dari infeksi umum dan patogen. Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C hampir dua kali lebih banyak dibandingkan jeruk.

Dalam penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents, ditemukan bahwa jambu biji memiliki manfaat antimikroba yang mampu membunuh bakteri jahat, dan virus dalam tubuh Anda.

2. Memiliki komponen anti kanker

Jambu biji kaya akan likopen, antioksidan kuat yang efektif menetralkan dan menurunkan sel kanker dalam tubuh Anda. 

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan dan dipublikasikan di jurnal Nutrition and Cancer, ditemukan bahwa ekstrak jambu biji mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Mencegah diabetes

Jambu biji memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga mencegah kadar gula darah melonjak. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi juga memastikan kadar gula darah tetap terkendali.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan natrium dan kalium yang tinggi dalam jambu biji mengatur tekanan darah Anda dan sangat membantu bagi orang yang menderita hipertensi. Selain itu, buah ini juga mengandung kolesterol baik yang membantu dalam pencegahan penyakit jantung .

5. Membantu Anda selama kehamilan

Jambu biji disebut sebagai makanan super karena jambu biji kaya akan beberapa nutrisi yang dapat memberi manfaat bagi Anda. Asam folat dan vitamin B9 yang ada dalam jambu biji memfasilitasi perkembangan sistem saraf bayi Anda dan mencegah gangguan neurologis di dalamnya. 

6. Membantu menurunkan berat badan

Jambu biji disukai karena kandungan kalorinya yang rendah dan tinggi serat. Buah ini tidak hanya mengendalikan rasa lapar Anda, tetapi juga meningkatkan metabolisme Anda. Jika dibandingkan buah lainnya, seperti apel dan jeruk, jambu biji juga memiliki kandungan gula yang relatif lebih sedikit. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro