Kopi rempah/Istimewa
Health

Apakah Kopi Baik Untuk Kesehatan Tulang?

Novita Sari Simamora
Selasa, 7 Februari 2023 - 09:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bisakah Anda bayangkan memulai hari tanpa secangkir kopi? Mayoritas orang-orang memulai aktivitas dengan meminum secangkir kopi.

Kopi adalah salah satu minuman paling populer, dikonsumsi oleh jutaan orang di seluruh dunia. Dengan minum kopi, orang-orang beranggapan bahwa akan ada energi dan membantu untuk tetap aktif selama berjam-jam.

Dilansir dari Food NDTV, Selasa (7/2/2023), kopi telah menimbulkan beberapa kontroversi selama bertahun-tahun. Faktanya, ini adalah topik yang menarik bagi para pakar kesehatan dan ilmuwan di seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun, ada banyak penelitian yang menemukan kemungkinan efek mengonsumsi kafein pada kesehatan. Sementara itu, banyak yang telah berbicara tentang bagaimana kopi memengaruhi jantung, usus, berat badan kita, dan banyak lagi, beberapa studi baru-baru ini menemukan kemungkinan hubungan antara kafein dan kesehatan tulang.

Apakah Kopi Baik atau Buruk Bagi Kesehatan Tulang?

Kopi, sumber utama kafein, sering disebut memiliki efek negatif pada tulang kita. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Chemical Toxicology, mengonsumsi kafein yang berlebihan dapat menyebabkan peningkatan pelepasan kalsium (melalui urin).

Ini juga dapat menurunkan kepadatan tulang dalam tubuh kita, meningkatkan risiko osteoporosis. Studi lebih lanjut menyatakan bahwa asupan kafein juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium (dari makanan).

Namun, sebuah penelitian terbaru menyatakan justru sebaliknya. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism ini menyelidiki hubungan antara kopi dan kesehatan tulang. Para peneliti mensurvei 564 orang dan menemukan bahwa mereka yang minum kopi secara teratur memiliki kepadatan massa tulang yang lebih tinggi daripada peminum non-kopi.

Menjelaskan fenomena tersebut, para peneliti menyatakan bahwa semakin banyak kalsium yang hilang melalui buang air kecil, semakin banyak orang yang akan menyerap dari sumber kalsium apa pun yang mereka konsumsi. "Tidak ada bukti peningkatan patah tulang akibat kopi yang ditemukan sampai sekarang," tambah studi tersebut.

Sebuah laporan di clevelandclinic.org, minum kopi tidak berpengaruh pada kesehatan tulang kita. Hanya peminum kopi yang perlu khawatir tentang kalsium adalah mereka yang tidak mendapat cukup kalsium sejak awal.

Mempertimbangkan itu semua, para peneliti mengungkapkan bahwa sangat penting untuk menjaga pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro