Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. /Bisnis.com-Janlika
Entertainment

Segini Waktu Ideal Persiapkan Gelaran Konser Musik dan Event Olahraga

Arlina Laras
Selasa, 28 Februari 2023 - 16:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seiring dengan membaiknya kondisi Covid-19, kini pemerintah telah mempermudah perizinan untuk para penyelenggara dan pegiat event, baik ekonomi kreatif, mulai dari musik, film, seni budaya, hingga olahraga. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan bahwa Presiden telah memberikan izin untuk mempermudah semua kegiatan. 

“Berdasarkan Rapat Terbatas, tentunya presiden menginginkan perizinan dilakukan secara terintegrasi digital agar memudahkan banyak pihak,” ungkapnya di Kantor Kemenparekraf Gedung Sapta Pesona Jakarta, Senin (27/2/2023). 

Menurut Sandiaga, dengan alur perizinan yang telah terstandarisasi ini akan memudahkan lebih dari 3.000 event yang berkala menengah besar yang berpotensi menciptakan pergerakan ekonomi sekitar Rp170 triliun. 

Adapun waktu terbaik untuk izin prinsip yang bisa didapatkan pihak penyelenggara untuk sebuah acara besar tingkat internasional setidaknya enam bulan sebelum event

Sedangkan izin terkait masalah teknis tiga bulan, dan izin final paling lambat 45 hari sebelum acara.

Baginya, kebijakan untuk mengeluarkan izin final pada 45 hari sebelum acara telah menjadi titik tengah dari hasil diskusi dari berbagai pihak penyelenggara acara.

"45 hari itu dibutuhkan karena setelah mendapatkan kepastian perizinan, mereka harus berjualan tiket," kata Sandiaga.

Nantinya, untuk segala pengurusan izin ini aka nada di bawah komando Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, di mana semua perizinan dari level pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dan lintas kementerian dan lembaga salah satunya Polri harus terintegrasi dengan baik.

Kemudahan izin ini untuk membuktikan pemerintah telah menanggapi keluhan para penyelenggara kegiatan konser. Dengan proses perizinan yang inklusif, maka semua kegiatan masyarakat akan semakin berkembang.

Saat ini, berdasarkan data yang didapat nilai ekonomi usai pandemi mulai merangkak naik. Artinya, segala kegiatan sudah mulai terlaksana dengan baik. 

“Beberapa waktu lalu mencapai Rp423 miliar nilai ekonomi yang relatif kecil dibanding sebelum pandemi 164 triliun per tahun. Tentunya kita terus mendorong kegiatan event, termasuk MICE,” ujar Sandiaga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro