Bandeng Presto/pengdasemarang
Kuliner

Rekomendasi 8 Kuliner Khas Pantura, Bisa DIbeli Saat Mudik Lebaran

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 1 Maret 2023 - 21:18
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jalur pantura, merupakan jalur utama dan penting di saat mudik lebaran pada April 2023 mendatang.

Bagi Anda yang mudik melewati jalur ini, ada beberapa kuliner dan pusat oleh-oleh yang menawarkan hal-hal unik dan pastinya bakal bikin semua orang di kampung halaman terkesan.

Berikut rekomendasi 8 oleh-oleh khas Pantura dikutip dari Indonesia Travel

1.  Sirup Tjampolay Cirebon

Sirup sebagai minuman berbuka puasa selama bulan Ramadan dengan rasa otentik dan tiada dua, Sirup Tjampolay.

Sirup ini menjadi legenda karena dibuat dari sawo belanda (campolay) ini bisa kalian temukan di daerah asalnya sendiri, yaitu Cirebon.

Ada banyak sekali varian rasa yang bisa kalian pilih mulai dari rasa mangga gedong hingga rasa sirsak, tetapi yang paling idola adalah rasa pisang susu.

2. Olos Tegal

Ada banyak kuliner khas yang lezat di Tegal, salah satu yang paling direkomendasi adalah olos. Namanya mungkin asing di telinga bagi Anda yang tinggal di daerah lain, tapi olos merupakan jajanan yang dari dulu hingga sekarang sangat digandrungi anak muda Tegal.

Terbuat dari tepung kanji dan terigu, olos merupakan gorengan yang berbentuk bulat dengan isian berupa sayur kol dan irisan cabe.

Olos akan sangat mudah ditemukan di pusat cendera mata atau rumah makan bila sudah melintasi daerah Tegal.

3.  Kopi Lelet Rembang

Pecinta kopi dan kretek, tentu tidak boleh melewatkan kopi lelet. Kopi khas yang berasal dari Rembang ini diproses berbeda dari kopi pada umumnya.

Biji kopi disangrai menggunakan pembakaran dari akar kayu jati untuk menimbulkan aroma sedap yang berbeda, kemudian digiling sampai halus sehingga hampir menyerupai bedak. Saat disajikan, kopi akan diminum seperti biasa.

Namun ketika airnya sudah habis, ampas kopi dapat dicampur dengan susu kental manis untuk kemudian dibalurkan ke batang kretek. Inilah yang dinamakan ngelelet bagi warga lokal Rembang. Oleh-oleh yang satu ini pasti cocok buat kakek atau nenek kamu yang suka kopi dan kretek. 

4.  Kue Lumpang Pekalongan

Meskipun kue ini aslinya berasal dari Palembang, tetapi kue lumpang juga banyak ditemukan di daerah Pekalongan. Kue lumpang memiliki ciri khas berwarna hijau, bertekstur kenyal, dan memiliki lubang di tengahnya. Bentuknya persis seperti lumpang atau alat untuk menumbuk.

Biasanya, kue lumpang juga disajikan dengan taburan kelapa parut di atasnya. Bila Sobat Pesona melewati daerah Pekalongan, kamu bisa mencari kue lumpang di toko kue atau toko oleh-oleh di sekitar Pantura. Saking enaknya, pasti bakal jadi cemilan yang diperebutkan saudara-saudara di kampung halaman, deh!

5.  Bandeng Presto Semarang 

Ini dia oleh-oleh khas Semarang yang wajib dibeli setiap pengunjung bahkan kalau cuma sekedar lewat: bandeng presto. Hidangan ini merupakan ikan bandeng yang dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam.

Ikan bandeng tersebut kemudian dikunci dengan rapat di dalam panci bertekanan tinggi hingga uap panas memasak ikannya hingga daging dan juga tulangnya menjadi lunak. Metode inilah yang disebut dengan presto. Tak terhitung jumlah toko oleh-oleh yang menyediakan bandeng presto di Semarang, jadi selamat menjelajah dan bereksplorasi!

6.  Marning Lamongan

Camilan ini sering disajikan untuk jamuan bertamu, tapi tidak banyak yang tahu namanya. Marning atau empeng adalah kudapan yang dibuat dari jagung yang dikeringkan lalu digoreng hingga renyah.

Mudah sekali menemukan marning dalam perjalanan mudik melalui Pantura, terutama bila Anda melewati daerah Lamongan. Rasanya yang gurih, teksturnya yang renyah, serta kemudahan menyantapnya pasti bisa bikin sesi ngobrol bersama keluarga di kampung halaman jadi lebih seru.

7.  Prol Tape Probolinggo

Kalau lewat daerah Probolinggo, belum lengkap rasanya kalau tidak mampir ke toko oleh-oleh dan membeli prol tape. Kue khas yang terbuat dari bahan baku tape singkong manis ini biasanya juga dilengkapi dengan keju cheddar atau taburan kismis untuk menambah cita rasa.

Dalam bahasa Jawa, prol artinya pecah. Ini karena bila kamu melahap kue prol, teksturnya yang rapuh akan membuatnya langsung hancur dan pecah di mulut saat digigit. Kalau mau kudapan tape dengan sensasi yang berbeda, wajib banget beli prol tape ini!

8.  Kue Lapis Surabaya

Terakhir namun tidak kalah wajib untuk dibeli saat mudik lewat Pantura adalah kue lapis. Kue yang satu ini punya beberapa nama lain yang mungkin lebih akrab di telinga, mulai dari spekkoek hingga lapis legit.

Rasanya yang begitu gurih, manis, dan lembut memberikan kesan yang begitu berarti di mulut, sehingga yang sudah pernah mencobanya pasti merindukan saat-saat menyantapnya kembali.

Kue lapis punya sejarah yang cukup panjang dan memiliki akar dari negara-negara Asia lain, tetapi bila kamu membeli kue lapis di toko oleh-oleh di Surabaya, pasti akan terasa cita rasa khas yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro