Ilustrasi gejala varian Omicron tenggorokan gatal/Freepik
Health

Jelang Ramadan, Ini Cara Mencegah Radang Tenggorokan Saat Bulan Puasa

Salma Permata Dewi
Kamis, 9 Maret 2023 - 00:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Radang tenggorokan sering menjadi penyakit menyerang masyarakat saat musim hujan dan bulan puasa. Penyakit ini ditandai dengan nyeri saat menelan makanan atau minuman

Penyebab radang tenggorokan yang paling umum adalah dikarenakan virus dan kuman. Kondisi tubuh atau imun yang lemah juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. 

Seseorang rawan terkena radang tenggorokan saat kekurangan cairan di tubuh dan tenggorokan menjadi kering. Virus dan kuman bisa masuk dengan mudah jika dalam kondisi tubuh seperti itu. Orang yang berpuasa tidak makan dan minum, sehingga bisa yang menyebabkan tenggorokan kering dan berpotensi terkena radang.

Ini cara mencegah radang tenggorokan saat sedang berpuasa:

1. Penuhi kebutuhan vitamin C

Vitamin C memiliki berbagai fungsi, salah satunya adalah membunuh bakteri yang menyebabkan sakit tenggorokan. Konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung vitamin C, seperti jeruk, kiwi, stroberi, dan lainnya, saat sahur atau berbuka puasa.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Kebutuhan cairan tubuh manusia adalah 8 gelas per harinya. Saat berpuasa, bagi waktu untuk minum air sebanyak 8 gelas per hari saat sahur, berbuka puasa, atau malam hari. 

3. Konsumsi makanan dan minuman hangat

Mengonsumsi yang hangat-hangat bisa mencegah radang tenggorokan. Apalagi jika mengonsumsi dengan rempah, seperti jahe dan asam jawa.

4. Hindari makan gorengan

Gorengan yang dimasak dengan banyak minyak dapat memicu tenggorokan sakit.

5. Istirahat yang cukup

Istirahat tentunya dapat membantu mencegah radang tenggorokan. Anda bisa istirahat dengan tidur siang sekitar 30 menit dan tidur yang cukup di malam hari agar imunitas tubuh tidak menurun.

Jika sudah terkena radang tenggorokan saat berpuasa, tetap lakukan hal-hal di atas. Lalu, lakukan juga minum obat yang rutin sesuai dosis di luar waktu puasa dan coba berkumur dengan air hangat yang dicampur sesendok garam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro