Mengenal Ciri Kucing Munchkin, Harga, dan Cara Perawatannya - Unsplash
Fashion

Mengenal Ciri Kucing Munchkin, Harga, dan Cara Perawatannya

Nuraini
Kamis, 9 Maret 2023 - 16:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Beragam jenis kucing menarik untuk dipelihara, salah satunya kucing munchkin. Kucing ini memiliki kaki pendek akibat mutasi gen autosomal dominan.

Nah, bagi yang ingin memelihara kucing munchkin, penting untuk mengetahui ciri-ciri, harga, dan cara perawatannya. 

Ciri-Ciri Kucing Munchkin

Kucing Munchkin mulanya berasal dari Inggris yang kemudian menyebar ke negara-negara lain. Tidak seperti kucing pada umumnya yang bertubuh kurus, kucing jenis ini memiliki kaki tubuh bongsor dan kaki yang pendek. Adapun ciri-ciri lainnya dari kucing munchkin, sebagai berikut :

1. Wajah bulat

Ciri-ciri yang pertama adalah wajahnya bulat sempurna. Tampilan wajah bulat ini membuat kucing munchkin tampak cantik. 

2. Matanya bulat

Selain wajahnya yang bulat, kucing munchkin memiliki mata bulat dan bening dengan kelopak mata kecil. 

3. Badan gemuk

Biasanya kucing terlahir dengan badan yang kurus, tetapi kucing munchkin tidak. Kucing munchkin lahir dengan tubuh yang bongsor. Perbedaan inilah yang membuatnya terlihat lebih lucu daripada kucing pada umumnya. 

4. Kaki pendek

Kucing memiliki kaki pendek. Apalagi ditambah badannya yang bongsor sehingga terlihat sangat menggemaskan.

5. Tubuh kecil 

Kucing munchkin dikenal sebagai kucing terkecil di dunia. Hal ini dikarenakan ukuran badannya yang kecil sekaligus bongsor sehingga tampak lebih kecil daripada kucing berkaki panjang dan kurus. 

Cara Merawat Kucing Munchkin

Setelah mengetahui ciri-ciri dari kucing munchkin, selanjutnya kita perlu tahu cara merawatnya. Apalagi bagi yang tertarik untuk menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan di rumah. Berikut ini penjelasannya. 

1. Memberikan makanan bernutrisi tinggi

Makanan kucing munchkin yang baru lahir yaitu susu dari induknya. Apabila sudah berusia 6 minggu, kucing munchkin sudah bisa diberi makanan nasi yang dicampur dengan ikan atau  makanan yang lebih padat. Perlu diketahui bahwa kebutuhan nutrisi dari anak kucing dua kali lipat lebih banyak daripada kucing dewasa. 

2. Memenuhi kebutuhan kucing

Selain makanan kucing munchkin, kita juga harus mampu memenuhi kebutuhan dasar dari kucing. Kebutuhan dasar tersebut antara lain peralatan mandi, bahan makanan, minuman, dan obat-obatan dari kucing munchkin. Hal ini perlu dipenuhi agar kucing dapat tinggal dengan nyaman dan terjaga kesehatannya. 

3. Memandikan kucing

Perawatan kucing munchkin selanjutnya yaitu memandikannya setiap dua minggu sekali. Dengan demikian, tampilan kucing menjadi lebih cantik dan terhindar dari adanya debu, kuman, dan kutu pada bulu. 

4. Memeriksa kesehatan kucing

Ketika memelihara kucing, sebaiknya kita mampu memeriksakannya ke dokter secara rutin. Jika perlu, lakukanlah vaksinasi-vaksinasi khusus agar tubuh kucing munchkin kebal terhadap penyakit. 

5. Memberi makanan khusus untuk kucing dewasa

Makanan kucing munchkin yang berusia 10 bulan sudah bisa diberi nasi campur ikan. Namun, pemberian ini masih harus dibarengi dengan makanan khusus kucing, terutama yang mengandung taurin. 

Harga Kucing Munchkin

Harga kucing munchkin ternyata berbeda-beda tergantung pada jenisnya. Berikut daftar harga yang perlu diketahui. 

1. Kucing munchkin x persia

Harga kucing munchkin campuran ras persia berkisar 900 ribu sampai dengan 1 juta. Kucing munchkin campuran persia yang berusia 8 bulan bisa mencapai 1.250.000.

2. Kucing munchkin jantan

Harga kucing munchkin jantan lebih murah daripada betina sebab tidak bisa melahirkan kucing lagi. Kucing munchkin jantan yang berusia 7 bulan bisa mencapai harga 4.250.000.

3. Kucing munchkin betina

Harga kucing munchkin betina yang berusia 3 bulan bisa mencapai 6.550.000. Harga kucing munchkin yang berusia 12 – 15 bulan jauh lebih fantastis karena sudah siap untuk bereproduksi. 

4. Kucing munchkin kitten

Harga anak kucing munchkin tergolong mahal. Usia 2,5 bulan, kucing munchkin mencapai harga 6.110.000. Sedangkan, anak kucing yang berambut panjang bisa mencapai 13 hingga 17 juta rupiah. 

Itulah ciri-ciri, cara perawatan, hingga harga dari kucing munchkin. Jadi, ketika kita ingin memelihara kucing munchkin, sebaiknya kita tidak hanya sekadar mampu membelinya saja, tetapi juga mampu memenuhi kebutuhan dasar dari kucing, merawatnya, hingga menanggung biaya kesehatannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro