Mengenal Kucing Himalaya dan Cara Merawatnya (pixabay)
Fashion

Mengenal Jenis Kucing Himalaya, Ciri-ciri dan Cara Merawatnya

Nuraini
Kamis, 9 Maret 2023 - 17:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kucing himalaya merupakan salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara. Hewan ini mempunyai karakter yang berbeda dengan jenis kucing lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh seputar kucing ras himalaya. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Ciri-Ciri Kucing Himalaya

Kucing himalaya adalah kucing ras yang berasal dari persilangan dua kucing ras lainnya yakni kucing persia dan siam. Kucing himalaya mempunyai karakteristik yang menjadi ciri khasnya. Berikut ini sejumlah ciri dari kucing himalaya yang perlu diketahui.

1. Warna bulunya color point

Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan color point adalah istilah untuk kucing dengan corak gelap pada bulunya. Corak tersebut biasanya terdapat di beberapa bagian tubuh kucing.

Pada kucing himalaya, jenis coraknya ternyata sangat beragam mulai dari abu-abu coklat, abu-abu, coklat kehitaman, coklat kemerahan, krem, dan coklat. Warna bulu inilah yang membuat kucing himalaya terlihat sangat cantik.

2. Bentuk tubuhnya unik

Ciri ciri kucing himalaya lainnya yaitu mempunyai tubuh besar dan tulang yang kuat. Berat badan kucing ini bahkan bisa mencapai 4 – 6 kg. Selain besar, bentuk tubuh kucing himalaya juga terlihat bulat dengan kaki yang kecil. Akan tetapi, terkadang dijumpai juga kucing himalaya yang bertubuh langsing, kuat, lincah, dan tetap anggun.

3. Panjang bulunya sama dengan kucing persia

Jika diamati dengan seksama, panjang bulu kucing himalaya hampir sama dengan kucing persia. Kucing ras ini mempunyai bulu dengan panjang 2 sampai 3 cm.

4. Mempunyai dua bentuk wajah yang berbeda

Jenis kucing himalaya ternyata mempunyai dua bentuk wajah yang berbeda, ada yang himalayan doll face dan ada juga yang himalayan ultra face. Bentuk wajah himalayan doll face biasanya mempunyai mimik wajah tidak terlalu pesek saat dilihat dari samping.

Sementara itu, bentuk wajah himalayan ultra face mempunyai wajah yang pesek bahkan nyari datar saat dilihat dari samping. Pada umumnya, kucing himalaya memiliki bentuk kepala bulat dan hidung pesek. Pada kepala terdapat bagian yang berwarna putih dengan dominasi warna kecoklatan seperti warna induknya, kucing siam.

5. Ciri telinga dan mata

Telinga kucing himalaya memiliki warna gelap dengan ukuran pendek. Sedangkan mata kucing ini berwarna biru berbentuk bulat agak besar.

6. Ukuran kakinya pendek

Ciri ciri kucing himalaya lainnya yaitu memiliki bentuk kaki relatif pendek dengan warna lebih gelap dibandingkan warna bulunya. Kaki kucing ini juga ditumbuhi bulu sangat lebat dengan cakar kuat dan besar.

Cara Merawat Kucing Himalaya

Selain mengetahui ciri dari kucing tersebut, penting juga untuk mengetahui cara merawatnya. Berikut cara merawat kucing himalaya yang benar.

1. Memberikan asupan makanan sehat

Makanan kucing himalaya cukup mudah didapatkan, Anda bisa membelinya di pet shop. Akan tetapi, pastikan untuk melihat komposisi bahan yang digunakan dan belilah makanan kucing yang sesuai dengan kebutuhan kucing.

2. Membersihkan kandang

Kebersihan kandang juga penting untuk diperhatikan agar kucing tetap sehat. Selain itu, kebersihan tempat makan, tempat minum, hingga bak kotoran juga perlu dijaga. Dengan demikian kucing bisa tinggal dengan nyaman dan sehat.

3. Rutin memandikan kucing

Salah satu cara merawat kucing himalaya yang tak boleh dilupakan yaitu memandikan kucing dengan rutin. Anda bisa memandikan kucing sendiri atau membawanya ke salon khusus kucing. Dengan rutin membersihkan tubuh kucing, maka kucing bisa terhindar dari penyakit.

4. Lakukan vaksinasi

Agar daya tahan tubuh kucing semakin baik, maka rutinlah untuk melakukan cek kesehatan dan vaksinasi. Anda bisa mendatangi dokter hewan untuk memeriksakan kondisi kucing kesayangan dan melakukan vaksinasi yang tepat sesuai anjuran dokter.

Harga Kucing Himalaya

Keunikan dari kucing himalaya membuat harga jual hewan peliharaan ini cukup tinggi. Akan tetapi, harga tersebut ternyata berbeda-beda untuk setiap jenis dan umurnya. Melansir dari finansialku.com, harga kucing himalaya berkisar antara Rp650.000 – Rp3.000.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro